Gubernur Termuda Pimpin Demokrat NTB

Zainul Majdi dan Abdul Halik Iskandar. (Foto: Bobby Triadi)

Gubernur NTB, Gubernur termuda di Indonesia, Muhammad Zainul Majdi (38 Tahun) terpilih sebagai Ketua DPD Partai Demokrat (PD) NTB 2011-2015. Zainul terpilih secara aklamasi dalam Musda II PD NTB yang berlangsung di Grand Legi Hotel, Mataram, Lombok, Minggu, 3 April 2011, sore.

Sepuluh suara pimpinan pengurus cabang dan masing-masing satu suara pengurus provinsi dan pengurus pusat, sepakat bulat-bulat memilih Tuan Guru Bajang, sapaan Zainul. Tak ada pemungutan suara, Musda hanya berlangsung tak lebih dari 45 menit sejak Wakil Ketua Umum DPP-PD, Jhonny Allen Marbun membuka sidang.

Terpilihnya Zainul yang tadinya kader Partai Bulan Bintang ini, ditandai pemasangan jaket PD berwarna biru dan penyerahan bendera partai oleh Wakil Ketua Umum DPP Demokrat, Jhonny Allen Marbun, yang setelahnya langsung menutup Musda. Penyerahan disaksikan Anggota Dewan Pembina PD, Ahmad Mubarok.

Saat Zainul terpilih, Ketua Umum DPP PD Anas Urbaningrum dan Sekjen DPP PD, Edhie Baskoro Yudhoyono sedang dalam perjalanan menuju Pancor, Lombok Timur, bertemu Ibunda Zainul, Siti Rauhun, seusai membuka Musda.

Usai terpilih, Zainul Majdi mengatakan, sebagai pendatang baru agenda pertama dirinya adalah konsolidasi internal partai.

‘’Kepentingan saya adalah visi di Demokrat itu adalah nasionalis religius. Ini bagi NTB dan Indonesia kedepan akan sangat bagus. Selain itu, saya mengapresiasi politik santun. Itu hal yang paling mendasar,’’ ujarnya terkait mengapa ia meninggalkan PBB dan merapat ke Demokrat.

Zainul mengaku tertarik bergabung dengan Partai Demokrat karena merasa partai itu mengemban visi nasional dan religius. “Saya pikir itu bagus bagi NTB dan Indonesia ke depan, karena akan ada prilaku politik yang religius dan santun. Saya apresiasi kepada teman-teman pengurus Partai Demokrat yang secara kompak memilih saya, dan itu meyakinkan saya untuk berkiprah,” ujarnya.

Zainul akan berjuang semaksimal mungkin untuk menjadikan Partai Demokrat di NTB yang lebih fungsional atau lebih nyata kemanfaatannya untuk masyarakat.

“Kepada Ketua Umum Partai Demokrat, saya memberikan apresiasi yang sangat besar yang telah menjadikan Partai Demokrat menjadi partai yang terbuka, partai yang ingin menghimpun seluruh potensi Indonesia, untuk itu saya menyambut baik,” ujarnya.

Dalam penyusunan formatur kepengurusan, Zainul akan mengoptimalkan seluruh potensi yang ada dan berikhtiar untuk memperluas basis kader Partai Demokrat sehingga lebih besar kiprahnya di NTB.

Ketua Panitia Pelaksana Musyawarah Daerah (Musda) Partai Demokrat Nusa Tenggara Barat (NTB) M. Syamsul Komar, di Mataram, mengatakan, orang diluar partai pun boleh ikut serta dalam pertarungan memperebutkan kursi PD I NTB.

“Kami buka ruang seluas-luasnya kepada publik untuk bertarung dalam Musda Partai Demokrat. Siapa saja yang ingin bergabung dan memimpin Demokrat NTB, silahkan. Sekali lagi, kami tegaskan bahwa Partai Demokrat bukan partai transaksional (transaksi uang atau benda berharga lainnya), melainkan partai demokratis sehingga terbuka ruang seluas-luasnya kepada publik yang ingin bergabung atau hendak menjadi pengurus utama,” ujar Syamsul.

Hal senada juga disampaikan Abdul Halik Iskandar alias Mamiq, mantan Ketua DPD-PD sebelumnya. “Kami terima siapa pun yang hendak bergabung dengan Partai Demokrat,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Umum DPP-PD, Anas Urbaningrum dalam pidato pembukanya berpesan agar siapa pun yang akan terpilih memimpin Partai Demokrat di NTB harus mampu membirukan NTB pada pemilu 2014 mendatang.

“Siapa pun yang bakal memimpin, ia harus mampu mengembangkan dan melebarkan sayap Partai Demokrat di NTB. Siapa pun yang terpilih, ia harus mampu membirukan NTB pada pemilu 2014,” seru Anas.

Zainul dilantik sebagai Gubernur NTB 2008-2013, 17 September 2008. Bersama pasangannya Badrul Munir, ia diusung PBB dan PKS. Sebelum dilantik sebagai Gubernur, sejak 2004, Zainul lulusan program doktoral Universitas Al Azhar, Mesir, adalah Anggota Komisi X DPR RI mewakili PBB dari Daerah Pemilihan NTB.

TGH M. Zainul Majdi atau yang dikenal dengan Tuan Guru Bajang (TGB) itu juga merupakan Pemimpin Pengurus Besar (PB) Nahdlatul Wathan (NW), organisasi Islam terbesar di NTB, yang lahir di Pancor, Lombok Timur, NTB, 31 Mei 1972. Gubernur termuda di Indonesia yang baru berusia 38 tahun itu merupakan doktor ilmu tafsir Al-Quran Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir.

Hadir dalam acara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Demokrat Eddhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), Direktur Eksekutif DPP Partai Demokrat Toto Riyanto, Wakil Ketua DPP Partai Demokrat Ahmad Mubarok, serta pengurus DPP Partai Demokrat Lainnya. Bobby Triadi/PD

 

Tags: , , , , ,
Mendaftarkan Komentar RSS Feed dalam pos ini

Ada 16 Tanggapan

  1. apa saja syarat menjadi anggota dan mendapatkan KTA?

  2. SELAMAT BUNG ZAINUL! YANG MUDA YANG BERKARYA BAGI BANGSA

  3. Segenap Kader dan Pengurus DPD PD Prov. Sulawesi Tenggara [Sultra]
    Mengucapkan selama kepada ;

    Bpk. TGB Muh. Zainul Majdi
    Atas Pelantikannya sbg
    Ketua DPD PD Prov. NTB Periode 2011-2015

    Sukses Tuan Guru dalam mengembang tugas baru “Melanjutkan Bakti untuk Negeri” Salam semua kepada teman-teman sesama kader PD NTB.

    Andi P.Tjulang
    DPD PD Prov. Sultra
    Kord. Devisi Publikasi

  4. SELAMAT UNTUK TUAN GURU BAJANG…MELANJUTKAN BAKTI UNTUK NEGERI DI NTB!!! SALAM DARI KELUARGA PD KAB. MAGETAN-JATIM

  5. Selamat kepada Ketua SC H Hadi Suryatno, M.Kes yang telah mengarahkan Kegiatan Musyawarah Daerah II Partai Demokrat NTB menjadi Musyawarah Daerah tercepat, berlangsung aman dan kondusif.
    Salam Demokrat

  6. Selamat DR. TGH. Zaenul Majdi, MA. menjadi ketua DPD Partai Demokrat NTB, semoga Demokrat di NTB menjadi partai yang dicintai masyarakat, muncul sebagi solusi, dan mudah-mudahan di bawah kepemimpinan TGB, kader dan pengurus demokrat NTB tidak bergabung karena kepentingan jabatan/cita-cita kekuasaan semata, tapi lebih karena ingin mengabdi pada masyarakat, agama, bangsa dan negara……Demokrat hadir untuk memberi mafaat untuk masyarakat, mari kita berjuang bersama TGB membangun bangsa lewat NTB, membangun NTB demi kesejahteraan masyarakat NTB, smoga Allah meridhoi langkah dan niat tulus pengabdian kita.

    Ahmad Mustarudin Efendi
    Ketua Bid. Hukum dan HAM DPC Lombok Barat

  7. Surat Terbuka Untuk DPP PD

    Tidak terasa lagi “Pesta Akbar” [Pilcaleg dan Pilpres] Tahun 2014 semakin dekat. Semoga kendala-kendala dan pengalaman masa lalu kita jadikan sebagai pendorong dan pengalaman sangat berharga untuk lebih memajukan PD kedepan.

    “Pesta Akbar” mendatang [2014], tentu lebih keras lagi dibanding “Pesta Akbar” lalu. PD harus memiliki kader lebih “mantap” dan “mapan” terutama skill.

    Kader PD kedepan tidak boleh lagi memiliki skill yang hanya pas-pasan. Saat ini terus terang saya jumpai banyak kader PD di parlemen sering memalukan PD seperti hanya berpenampilan pakaian safari lengkap dan berlipstick merah serta bertas bermerek tetapi ketika disidang-sidang “bicaranya lepotan” karena memang berlatar belakang pendidikan bermodalkan ijazah SMA Persamaan.

    Berharaplah kedepan, PD harus benar-benar mengedepankan kualitas kader diusung mendaji calon anggota legeslatif.

    Andi P. Tjulang
    DPD PD Prov. Sulawesi Tenggara

  8. SURAT TERBUKA UNTUK DPP PD

    Tidak terasa lagi “Pesta Akbar” [Pilcaleg dan Pilpres] Tahun 2014 semakin dekat. Semoga kendala-kendala dan pengalaman masa lalu kita jadikan sebagai pendorong dan pengalaman sangat berharga untuk lebih memajukan PD kedepan.

    “Pesta Akbar” mendatang [2014], tentu lebih keras lagi dibanding “Pesta Akbar” lalu. PD harus memiliki kader lebih “mantap” dan “mapan” terutama skill.

    Kader PD kedepan tidak boleh lagi memiliki skill yang hanya pas-pasan. Saat ini terus terang saya jumpai banyak kader PD di parlemen sering memalukan PD seperti hanya berpenampilan pakaian safari lengkap dan berlipstick merah serta bertas bermerek tetapi ketika disidang-sidang “bicaranya lepotan” karena memang berlatar belakang pendidikan bermodalkan ijazah SMA Persamaan.

    Berharaplah kedepan, PD harus benar-benar mengedepankan kualitas kader diusung menjadi calon anggota legeslatif.

    ANDI P. TJULANG
    DPD PD Prov. Sulawesi Tenggara

  9. DPP PD HARUS TEGAS TINDAK KADER TERLIBAT KORUPSI

    Berbagai kasus menerpa kader PD akhir-akhir ini sungguh memprihatinkan karena belum selesai satu masalah seperti dugaan korupsi pa Djohnialen [Anggota DPR-RI], muncul lagi masalah baru yakni, kasus pa Muh.Nasaruddin [Bendahara DPP PD/anggota DPR-RI] proyek wisma atlet Asia Games di Palembang dan suap ke Sekjen MK.

    Sungguh luar biasa terpaan ini. Seandainya persoalan atau “dosa-dosa” ini, hanya berdampak ke pribadi mereka [bersangkutan] tidak ada masalah tetapi sangat berdampak besar kesemua kader PD. Baik yang ada di tingkat nasional hingga ke daerah.

    Saya sebagai kader PD berharap semua persoalan atau dugaan-dugaan korupsi segera diselesaikan ke rana hukum saja, sehingga jelas masalahnya. PD juga tentu akan bersih dari terpaan.

    Sungguh kami didaerah juga ikut menanggung beban psikolog, bila ada muncul kasus seperti korupsi dilakukan kader PD ditingkat pusat.

    Bila hal-hal ini tidak diselesaikan hingga di meja hijau [pengadilan], saya yakin sangat berdampak besar terhadap PD dan Pemilu 20114 mendatang.

    Kalau saya melihat, beberapa kader-kader PD duduk di Legeslatik ditingkat pusat [DPR-RI] selalu merasa “wah” hingga terkadang “otak kanang” tidak berfungsi.

    Pemilu 2014 mendatang, tentu bukan lagi pak SBY akan kita usung menjadi RI-1 [Presiden] yang kita tahu memiliki kharisma dan paternalistik.

    Yang jelas, pak SBY-lah mewarnahi PD. Tolong berhati-hatilah berbuat. Jangan sampai tampil selalu memalukan partai karena semua kader PD ikut malu…..ikut malu…..tentu ikut malu.

    Wassalam,

    ANDI P. TJULANG
    DPD PD Sulawesi Tenggara.

  10. ayo… yang merasa dirinya sdh tua serahkanlah kepemimpinan kepada generasi muda kita karena kwlitas mereka sekarang banyak yg bagus dan jgn menyerahkan dengan setengah hati serahkan dengan sepenuh jiwa raga, jangan ragu. insya ALLAH mereka bs.

    • aYO dEMOKRAT,QT BINA GENERASI MUDANYA.
      bENTUK KEGIATAN2 MULAI DARI ANAK2 SLTA UNTUK DIAJAK BERKIPRAH DI DUNIANYA SECARA DEMOKRAT(SANTUN)
      bUATKAN DAN FASILITASI GRUP GRUP KEGIATAN REMAJA,
      oLAHRAGA, STUDY CLUB,KEAGAMAAN, , PENELITIAN2, KARYAA2 SOCIAL DLSB, YANG BERJIWA DEMOKRAT ( SANTUN)
      dEMOKRAT ADALAH SANTUN
      bERJUANG SECARA DEMOKRAT ADALAH BERJUANG SECARA SANTUN, SECXARA KSATRIA. JANGAN KENALKAN BBUDAYA RAKSASA, YANG BERHIRUK PIKUK LANTANG BERSUARA DENGAN WAJAH YANG RAKSASA TETAPI KEJAHATAN YANG MENJADI LANDASANNYA.

  11. meski sy gemas sekali. namun sy akan tetap setia…

  12. Dengan dipimpinnya demokrat oleh tuan guru,demokrat akan slalu menjunjung tinggi nilai keagamaan, nasional dan berada di hati rakyat…Amin,

  13. Sy sangat yakin Beliau Tuan Guru Bajang Insya Allah mampu membawa NTB lbh baik melalui bendera Demokrat

Tinggalkan Pesan

Alamat Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kotak yang wajib diisi *

*
*