Presiden SBY dan Ibu Ani Tiba di Phnom Penh, Kamboja

Presiden SBY dan Ibu Ani tiba di Bandar Udara Internasional Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (17/11), disambut Menteri Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga Kamboja. (foto: cahyo/presidensby.info)

Phnom Penh, Kamboja: Setelah menempuh perjalanan selama lebih kurang tiga jam, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Hj Ani Bambang Yudhoyono beserta rombongan tiba di Bandar Udara Internasional Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (17/11), pukul 17.25 waktu setempat. Tidak ada perbedaan waktu antara Phnom Penh dengan Jakarta.

Setelah Pesawat Khusus Kepresidenan Airbus 330-300 milik Garuda Indonesia mendarat dengan sempurna, Presiden SBY dan Ibu Ani turun dari pesawat disambut Menteri Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kamboja Im Sethy, Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Kamboja Suhardjono Sastromihardjo, dan Theresia Adam Sastromihardjo, serta Atase Pertahanan KBRI Phnom Penh Rudy Adrianto.

Presiden SBY dan Ibu Ani kemudian menuju Hotel Sofitel Phokeethra, tempat menginap selama berada di Phnom Penh. Di Hotel Sofitel Phokeethra, ketika memasuki lobi hotel, Presiden SBY dan Ibu Ani melewati jajaran kehormatan oleh Personil Pasukan Pengamanan Perdana Menteri Kerajaan Kamboja yang berdiri berbaris. Mereka ini adalah alumni personil tentara yang pernah dilatih oleh Paspampres RI dalam rangka kerja sama teknik kedua Negara untuk peningkatan kapasitas.

Minggu pagi, Presiden SBY didampingi Ibu Ani akan mengikuti Upacara Pembukaan KTT Ke-21 ASEAN di Ruang Nuon Srey Hall, Peace Palace, dilanjutkan dengan mengikuti serangkaian pertemuan tingkat tinggi seperti ASEAN Business Advisory Council (ABAC), dan pertemuan lainnya.

Cuaca di Phnom Penh saat ini hangat dan sedikit lembab, dengan suhu berhisar antara 22 hingga 30 derajat celcius. Kamboja adalah salah satu Negara yang pernah berada di bawah koloni Perancis, berbatasan dengan Thailand di sebelah barat, Laos di utara, Vietnam di timur, dan Teluk Thailand di selatan. Sungai Mekong dan Danau Tonle Sap melintasi negara ini. Sementara Phnom Penh adalah kota terbesar di Kamboja.

Mendampingi Presiden SBY dan Ibu Ani dalam kunjungan kerja kali ini antara lain, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menko Kesra Agung Laksono, Seskab Dipo Alam, Menperin MS Hidayat, dan Mentan Suswono. Sementara Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menlu Marty Natalegawa, Mendag Gita Wirjawan, dan Ketua BKPM Chatib Basri telah tiba di Phnom Penh sebelumnya. (presidensbyinfo/dik)

 

Tinggalkan Pesan

Alamat Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kotak yang wajib diisi *

*
*