SBY Akan Terus Jaga Momentum Positif Indonesia

Bq4dC7WCIAABLYf.jpg large

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono foto bersama delegasi Asia Leadership Trek, Center for Asia Leadership Initiatives, Universitas Harvard, di Istana Negara, Selasa (24/6) pagi. (setpres)

Jakarta: Prioritas pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sampai empat bulan ke depan adalah untuk menjaga momentum positif Indonesia dalam setiap aspek, pemilu yang bebas dan adil, pembangunan demokrasi, stabilitas politik, pertumbuhan ekonomi, dan keadilan sosial.

“Saya juga akan menjaga keamanan Indonesia dari segala kemungkinan ancaman global,” kata Presiden SBY kepada delegasi Asia Leadership Trek, Center for Asia Leadership Initiatives, Universitas Harvard, di Istana Negara, Selasa (24/6) pagi.

SBY juga menyampaikan rasa bangganya atas pencapaian Indonesia. World Economic Forum di Manila bulan lalu, mengatakan bahwa Indonesia dalam 10 tahun terakhir adalah dekade emas. “Karena skala pencapaian dan dampak transformatif dalam kemajuan yang dialami negara kami,” ujar SBY.

Kesuksesan Indonesia sangat penting karena memiliki banyak dimensi yang relevan, diantaranya, dimensi geopolitik, dimensi Islam, dimensi politik, dimensi ekonomi.

Dimensi Geopilitik karena Indonesia adalah negara terbesar di Asia Tenggara. “Apa yang terjadi di Indonesia mempengaruhi kebangkitan kawasan,” ujar Presiden.

Lalu, dimensi Islam karena Indonesia adalah negara dengan populasi umat Muslim terbanyak di dunia. Kemudian, dimensi politik karena Indonesia adalah salah satu negara yang paling beragam. Jika Indonesia sukses sebagai satu bangsa itu akan mendorong pluralisme yang damai.

Dimensi lainnya adalah dimensi ekonomi. “Karena yang tadinya dikenal sebagai salah satu negara yang miskin di Asia di 1960, sekarang menjadi negara ekonomi berkembang, dengan kelas menengah terbesar di Asia Tenggara. Selain itu, Indonesia memiliki angka pertumbuhan tertinggi kedua diantara ekonomi G-20, setelah China,” SBY menjelaskan.

Indonesia akan meneruskan transformasinya hingga 2-3 dekade mendatang, meskipun akan terus menghadapi banyak tantangan, juga banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Tapi saya yakin bahwa Indonesia telah berada pada jalur yang tepat dalam memajukan bangsa,” Presiden menegaskan. (websitepresiden/wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*