Agus Hermanto Sarankan Jokowi Angkat Robby dan Busyro Jadi Komisioner KPK

101653_hermanto1

Wakil Ketua DPR Agus Hermanto (detik)

Jakarta: Dua pimpinan KPK, yaitu Abraham Samad dan Bambang Widjojanto ditetapkan sebagai tersangka oleh Polri. Wakil Ketua DPR Agus Hermanto menyarankan Presiden Jokowi mempercepat pengangkatan dua calon pimpinan KPK yang sudah ada, yaitu Robby Arya Brata dan Busyro Muqqodas.

Cara ini menurutnya lebih cepat dan efektif, karena keduanya sudah ikut panitia seleksi serta uji kelayakan dan kepatutan di DPR.

“Menurut saya, zaman Pak SBY sudah diajukan pimpinan KPK yang sudah lulus pansel. Itu Pak Busyro dan Robby bisa didorong di DPR untuk disetujui DPR. Ide cerdas itu harus digunakan. Paling cepat dan tanpa risiko,” kata Agus di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (18/2/2015).

Menurutnya, dibandingkan mengeluarkan Perppu, cara mempercepat pemajuan Busyro dan Robby ini lebih baik. Kalau Perppu dinilai lebih lama karena mesti mendapat persetujuan dari DPR. Begitupun jika harus membentuk panitia seleksi (pansel) baru, maka akan membutuhkan waktu.

“Jokowi bisa buat pansel dan lain-lain. Tapi enggak bisa cepat. Kalau Perppu bisa, tapi harus diuji di DPR kalau tidak disetujui, maka gugur,” ujar Wakil Ketua Umum V Partai Demokrat tersebut.

Agus pun menjelaskan jika Busyro dan Robby bisa dimajukan maka capim KPK akan menjadi empat.

“Ada empat kan kalau bisa, nah satunya lagi tinggal dipikirin,” ia menuturkan.

Saat ini, ujar Agus, yang terpenting adalah Jokowi harus mengambil putusan secepatnya terkait konflik KPK-Polri.

“(Konflik) KPK-Polri harus diselesaikan secepatnya. Jokowi harus keluarkan kebijakan terbaik, ini jadi kesempatan emas,” Agus menyebutkan. (detik/dik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*