DPD-PD NTB Gelar Pelatihan Komunikasi Politik dan Kepemimpinan Kader

IMG_2039.jpgedit

Ketua DPD-PD NTB, yang juga Gubernur NTB, Dr KH TGH Muhammad Zainul Majdi MA saat menyampaikan sambutan sebelum membuka acara Rekrutmen Kader, Pelatihan Komunikasi Politik dan Kepemimpinan Kader Partai Demokrat di ruang Rinjani Ballroom Hotel Lombok Raya, Jalan Panca Usaha 11, Kota Mataram, Lombok, NTB, Minggu (1/3/2015). Kegiatan itu digelar Divisi Komunikasi Publik DPP-PD dan DPD-PD NTB. (foto: mcpd/iwan k)

Lombok, NTB: Divisi Komunikasi Publik (Divkomlik) Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat (DPP-PD) dan Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat (DPD-PD) Nusa Tenggara Barat (NTB) menyelenggarakan Rekrutmen Kader, Pelatihan Komunikasi Politik dan Kepemimpinan Kader Partai Demokrat. Acara dengan tema “Satukan Derap Langkah Menuju Kemenangan” tersebut digelar di ruang Rinjani Ballroom Hotel Lombok Raya, Jalan Panca Usaha 11, Kota Mataram, Lombok, NTB, Minggu (1/3/2015)

Ketua DPD-PD NTB, yang juga Gubernur NTB, Dr KH TGH Muhammad Zainul Majdi MA mengucapkan terima kasih kepada para kader PD se-NTB karena mengikuti kegiatan yang banyak manfaatnya untuk meningkatkan kapasitas perjuangan dan ikhtiar para kader PD, termasuk di legislatif dan eksekutif.

“Dengan pelatihan ini mudah-mudahan bisa menambah wawasan, ilmu, dan memperkokoh komitmen  serta dedikasi kita untuk bekerja lebih baik lagi membangun PD. Semoga PD lebih hebat dan jaya lagi,” demikian disampaikan M Zainul Majdi yang akrab disapa Tuan Guru Bajang

Ucapan terima kasih juga disampaikannya kepada ketua panitia pelaksana dan seluruh panitia karena bisa memfasilitasi dan  melaksanakan kegiatan yang baik ini secara maksimal.

Gubernur NTB yang terpilih di dua periode itu mengatakan, komunikasi politik itu penting, instrumen yang sangat vital di dalam kehidupan manusia. Di dalam politik, komunikasi sangat dibutuhkan dan perlu untuk diasah. Materi di dalam pelatihan komunikasi ini agar bisa memperkaya dan memperluas serta meningkatkan komunikasi politik dan kualitas kepemimpinan.

“Pak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selalu mengatakan bahwa kader PD harus berpolitik bersih, cerdas, dan santun. Itu adalah bagian dari komunikasi politik. Beliau  juga selalu menyampaikan hal itu dalam setiap kesempatan, karena konflik yang timbul biasanya dikarenakan komunikasi politik tidak berjalan dengan baik,” M Zainul Majdi mengingatkan.

M Zainul Majdi mengharapkan, kegiatan ini dapat diikuti dengan baik dan sungguh-sungguh karena narasumber yang akan memberikan materi adalah kader Partai Demokrat yang kiprahnya sudah teruji.

“Dengan mengucapkan ‘Bismillah’ acara Pelatihan Komunikasi Politik dan Kepemimpinan Kader Partai Demokrat saya nyatakan dimulai,” ujar peraih gelar doktor dari Universitas Al-Azhar, Kairo itu di akhir sambutannya.

Di tempat yang sama, Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR-RI dapil NTB HM Syamsul Luthfi SE MSi menegaskan, acara ini sangat penting dan fundamental bagi PD agar ke depannya lebih besar lagi.

“Saya  berharap acara ini dapat diikuti para peserta pelatihan dengan sungguh-sungguh dan serius. Sehingga ilmu dan pengetahuan yang disampaikan oleh para narasumber dapat diterapkan dengan sebaik-baiknya,” ujar HM Syamsul Luthfi.

HM Syamsul Luthfi menambahkan, rekrutmen dan kepemimpinan kader sangat penting bagi sebuah partai. Semakin banyak kader yang dimiliki partai, maka semakin banyak mesin penggerak partai yang akan menyosialisasikan program partai. Dengan demikian Partai Demokrat tetap eksis dan lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Ketua Tim Koordinator dari DPP-PD Indri Sulistyowati mengatakan, jumlah rekrutmen kader dan yang mengikuti pelatihan sekitar 200 orang. Acara akan digelar dalam dua hari. Peserta pelatihan terdiri dari unsur DPD NTB dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PD se-NTB. Pelatihan diisi oleh narasumber dari pengurus DPP-PD dan anggota FPD DPR-RI.

“Mudah mudah-mudahan acara ini dapat diikuti 100 persen oleh peserta. Di akhir acara (Senin) akan di serahkan sertifikat pelatihan,” ia menjelaskan.

Indri juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh DPD-PD NTB yang mempunyai komitmen tinggi untuk mengadakan pelatihan ini demi memajukan Partai Demokrat.

Sebelumnya Ketua Panitia acara Rekrutmen Kader DPD-PD NTB Syarif Husain menjelaskan, acara ini merupakan bagian dari agenda PD di NTB dalam rangka memenangkan Pilkada dan Pemilu 2019.

“Mudah-mudahan harapan kita semua menjadi kenyataan. Saya juga mengucapkan selamat datang kepada anggota baru Partai Demokrat yang mengikuti rekrutmen kader; selamat datang di keluarga besar Partai Demokrat. Terima kasih kepada panitia dan semua pihak yang terlibat, sehingga acara ini berjalan lancar,” ujar Syarif Husain.

Materi materi yang disampaikan dalam Pelatihan Komunikasi Politik dan Kepemimpinan Kader Partai Demokrat DPD dan DPC PD se-NTB hari pertama adalah:

  1. Ideologi Partai Demokrat dan Sosialisasi Internal DPP Partai Demokrat oleh Direktur Eksekutif DPP- PD Fadjar Sampurno
  2. Sosialisasi DPR-RI, Optimalisasi Kader sebagai Wakil Rakyat serta Peran Strategis Anggota DPRD dalam Mengawal Program Pemerintah oleh Anggota FPD DPR-RI HM Syamsul Luthfi SE MSi
  3. Pilkada dan Strategi Pemenangan Partai Demokrat (Jangka Pendek) (Interaktif) oleh Wakil Ketua DPR-RI Dr Agus Hermanto.

(iwan k/dik)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*