Dunia yang Lebih Baik tetap Dimungkinkan

FDzxuwMw

Profesor Doktor Susilo Bambang Yudhoyono (foto: akun Twitter @SBYudhoyono)

Oleh: Profesor Doktor Susilo Bambang  Yudhoyono*)

Tahun 1971, John Lennon, eks-pemain gitar grup band terkenal The Beatles, membawakan lagu manis berjudul “Imagine”. Pesan yang disampaikan John Lennon melalui lagu itu ialah mengajak umat manusia untuk menciptakan dunia yang aman serta damai.

Impiannya, semua manusia bersaudara. Tak ada perang, tak ada pembunuhan, dan tak ada kelaparan. Bahkan tak perlu ada negara.

Seperti itulah John Lennon menggambarkan kehidupan yang teduh di dunia dan yang akan membuat umat manusia merasa bahagia.

Banyak yang kini mendefinisikan bahwa kebahagiaan seseorang tidak diukur oleh pangkat, jabatan, kekayaan, serta hidup yang serba berlebih.

Dunia banyak memberi contoh bahwa yang “stress” dan tidak bahagia, justru berasal dari orang “besar”, orang kaya dan orang yang punya kekuasaan.

Dunia dengan kehidupan yang serba ideal mungkin tidak akan pernah terwujud. Jangankan dunia atau negara, masyarakat ideal pun sulit dicapai.

Tetapi manusia diciptakan Tuhan bukan untuk menjadi pesimis, lemah, kehilangan akal dan keyakinan, serta mudah menyerah.

Dunia yang lebih baik tetap dimungkinkan. “A better world is possible”, seperti yang diajarkan agama dan diimpikan John Lennon.

Paling tidak, semua itu bisa kita mulai dari diri kita. Dari ikhtiar dan kegigihan kita untuk membuat diri merasa damai dan bahagia.

Setiap orang tentu pernah sedih, merasa gagal, kalah, tidak puas, sakit hati, marah dan bahkan bisa juga menyimpan dendam serta kebencian.

Jika semua perasaan itu kita bawa mati dan tidak mampu mengurangi serta mengendalikannya, maka hidup kita tidak akan pernah bahagia.

Demi terciptanya dunia dan Indonesia yang damai serta bahagia, marilah kita belajar “berdamai” dengan diri kita sendiri. Itulah jalannya.

Selamat Hari Kebahagiaan Dunia. “Happy World Happiness Day”. Damai hatiku, damai negeriku, damai duniaku.

Diambil dari twitter @SBYudhoyono. Jumat 20 Maret 2015

*)Presiden RI ke-6 yang juga Ketua Umum Partai Demokrat

(dik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*