Pilkada Simalungun: PT-TUN Kabulkan Gugatan JR Saragih

CW4F3INUEAAvxXC

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, yang juga kuasa hukum JR Saragih, Dr Hinca IP Padjaitan XIII (berkemeja biru) langsung menghadiri sidang gugatan calon Bupati Simalungun, JR Saragih, untuk ikut Pilkada Kabupaten Simalungun di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT-TUN), Medan, Rabu (23/12). PT-TUN Medan mengabulkan gugatan JR Saragih. (foto: twitter @hincapandjaitan)

Medan: Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT-TUN) Medan mengabulkan gugatan calon Bupati Simalungun, JR Saragih, untuk ikut dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut), Rabu (23/12). Dalam persidangan dengan acara pembacaan putusan tersebut, langsung dihadiri Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, yang juga kuasa hukum JR Saragih, Dr Hinca IP Padjaitan XIII.

“Memutuskan untuk mengabulkan sebagian gugatan dan kedudukan penggugat untuk dipulihkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Simalungun, dan dipulihkan sebagai peserta pilkada,” ujar Ketua majelis hakim, Asmin Simanjorang, Rabu (23/12).

Selain mengabulkan gugatan itu, hakim juga menolak permohonan penggugat untuk mengganti pasangannya calon Wakil Bupati Simalungun, Amran Sinaga, yang tersangkut dalam kasus hukum. Sebab, pergantian itu bertolak belakang dengan Undang – undang.

“Perkara sengketa ini kita putus untuk dilaksanakan. Jika tergugat keberatan dengan putusan ini maka dipersilahkan untuk mengajukan upaya hukum ke Mahkamah Agung (MA),” sebutnya.

Putusan pengadilan, yang dibacakan tepat pukul 10.10 WIB, membuat pendukung JR Saragih yang meramaikan gedung PT TUN, bersorak gembira. Pendukung mengharapkan, KPU Simalungun segera menetapkan pasangan JR Saragih dan Amran Sinaga sebagai peserta pilkada.

(suarapembaruan/dik)