Daya Beli Masyarakat Makin Melemah

1.-Marwan-Cik-Asan-OJI_0131-e1440683041462

Wakil Ketua Komisi XI DPR (dari FPD) Marwan Cik Asan (web dpr-ri)

Jakarta:  Wakil Ketua Komisi XI DPR, yang juga Anggota Fraksi Partai Demokrat, Marwan Cik Asan mengatakan daya beli masyarakat semakin lemah. Hal ini mengacu pada indeks harga konsumen pada Februari 2016 yang menurut Badan Pusat Statistik mengalami deflasi 0,09 persen.

“Artinya permintaan transaksi dalam transaksi ekonomi nasional juga menurun,” kata Marwan dalam siaran persnya kepada wartawan di Jakarta, Selasa (2/3).

Marwan mengatakan karena terjadi deflasi sebesar 0,09 persen, maka BPS juga menyatakan konsekuensinya inflasi tahun kalender 2016 sebesar 0,42 persen. Sementara itu inflasi tahun ke tahun mencapai 4,42 persen.

Pemerintah perlu segera mengambil langkah untuk menstimulus permintaan atau meningkatkan daya beli masyarakat. Sebab, menurut Marwan, jika terjadi deflasi terus menerus pada indeks harga konsumen (IHK), maka ini berarti rakyat semakin terpuruk secara ekonomi.

“Jika dikaji lebih dalam akan menunjukan bahwa kemiskinan dan pengganguran terus meningkat,” kata Ketua Departemen Keuangan DPP Partai Demokrat itu.

(rilis/republika/dik).