UMKM Lokal Bisa Sokong Ekonomi Nasional

IMG_0989_zpslcciqeas

Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR-RI Edhie Baskoro Yudhoyono berdialog dengan para pelaku UMKM lokal. (foto: EBY Team)

Trenggalek, Jatim: Anggota DPR-RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur VII, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) meyakini pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) lokal memberikan dampak positif menunjang pertumbuhan perekonomian daerah. Selanjutntya, daerah yang berkembang akan menjadi penyokong perekonomian nasional tumbuh pesat secara riil.

“Yang penting, produk dan kemasan yang menarik harus terus dikembangkan semakin kreatif, selalu meningkatkan daya saing dan nilai jual,” kata Ibas saat berbincang-bincang dengan para pelaku UMKM di Desa Jombok Pule, Trenggalek, Jawa Timur, Rabu (11/05/2016).

Ibas kemudian memberikan motivasi, daripada mencari peluang lebih baik menciptakan peluang.

“Daripada mencari kesejahteraan lebih baik menciptakan kesejahteraan,” Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI ini menegaskan.

Ditambahkannya, konsep pembangunan sektor UMKM sesuai potensi desa, potensi sumber daya desa, potensi produk-produk khas daerah harus disinergikan seluruh masyarakat dan perangkat desa, sampai kecamatan dan seterusnya.

“Saya bangga, di desa ini ada produk unggulan, jenggelan, aneka ramuan jamu, produk sapu ijuk yang menurut saya semuanya memiliki nilai jual tinggi,” Ibas mengapresiasi.

Selain mengunjungi Desa Jombok Pule, Ibas juga berkesempatan meninjau Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) di Desa Salamrejo, Kecamatan Karangan.  Dalam kesempatan ini Ibas memberikan sumbangan kereta jenazah dan membantu dana bagi pembangunan sejumlah musala dan masjid.

Sebelumnya, Ibas memberikan sosialisasi empat konsensus kebangsaan di Lembah Wilis. Dalam kesempatan itu, Ibas meminta masyarakat untuk terus mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Nilai-nilai Pancasila tetap kontekstual dalam kehidupan Bangsa Indonesia. Dalam hal sistem pemerintahan, Pancasila merupakan landasan berdemokrasi, hidup dalam keragaman, serta pengikat persatuan dan kesatuan,” Ibas mengingatkan.

“Mari kita kembali mengajak semua anak bangsa menjadikan Pancasila sebagai tujuan bernegara. Yakni untuk manggapai kehidupan lebih maju, sejahtera, adil, dan makmur,  disertai dengan bagaimana kita juga memajukan kesejahteraan dalam bentuk suatu keadilan sosial yang merata bagi bangsa kita,” Ibas meyakini.

(EBYTeam/dik)