AHY Ajak Warga Cinta Budaya Betawi

Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono menghadiri peringatan Maulid Nabi yang diadakan oleh Forum Komunikasi Anak Betawi di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Minggu (22/1/2017). (foto: detik)

Jakarta: Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono (akrab disapa AHY atau Agus) menghadiri peringatan Maulid Nabi di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, yang diadakan oleh Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi). Agus mengapresiasi Ketua Forkabi Nachrawi Ramli karena berkomitmen untuk mendukung Pilgub DKI Jakarta.

“Ketua dari Forkabi yang begitu memiliki komitmen untuk mendukung Pilgub DKI Jakarta ini. Saya tentu merasa bersyukur berbangga hati dan semakin bersemangat dalam perjuangan ini,” ujar AHY saat menyampaikan sambutannya di hadapan anggota Forkabi, Minggu (22/1/2017).

Acara peringatan Maulid Nabi Forkabi itu digelar di Jalan Kemang Dalam RW 02, Kelurahan Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan Jakarta Selatan. Kedatangan AHY disambut atraksi kebal petasan yang dilakukan oleh anggota Forkabi.

AHY mengaku semakin bersemangat setelah menggelar konsolidasi yang ketujuh kalinya. Dari gerilya itu dia mengetahui banyak warga Betawi yang juga tinggal di Jabodetabek.

“Karena kita tahu banyak warga DKI Jakarta yang tinggal di luar Jakarta. Dan ini sekali lagi nambah semangat saya untuk semakin membela segala hak dan kepentingan masyarakat Jakarta secara keseluruhan termasuk masyarakat asli Betawi,” AHY memaparkan.

AHY menambahkan peran masyarakat Betawi sangat besar. Sebagai penduduk asli Jakarta masyarakat Betawi memiliki tradisi budaya yang bernilai.

“Justru mereka memiliki hak untuk bisa memajukan kota ini mereka adalah penduduk asli Jakarta. Mereka juga memiliki tradisi budaya yang begitu tinggi nilainya yang mereka terus jaga,” tegas suami dari Annisa Pohan itu.

“Tentu pemerintah harus terus memberikan berbagai peluang agar tidak hanya kita memelihara tradisi budaya Betawi yang ada saat ini tetapi semakin kita perkuat lagi kita populerkan kita duniakan,” lanjut AHY.

Putra sulung Presiden ke-6 RI (2004-2014) yang juga Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu menyebut berbagai macam kerajinan, kuliner dan kesenian Betawi adalah potensi yang dimiliki oleh Jakarta. AHY menambahkan ciri khas tersebut harus ditonjolkan menjadi karakter dari kota Jakarta.

“Kita tahu ada berbagai macam bentuk kerajinan termasuk Betawi, kuliner khas Betawi, tari-tarian khas Betawi dan lain sebagainya. Itu semua adalah potensi yang dimiliki oleh Jakarta dan itu pula yang menjadi karakter dan ciri khas dari kota ini jangan sampai semakin modernnya kota ini terus kita kehilangan ciri khas,” AHY membeberkan.

AHY mengajak seluruh masyarakat Jakarta untuk mencintai kebudayaannya. Cagub nomor urut satu itu mencetuskan untuk kembali mempopulerkan budaya Betawi hingga ke mancanegara.

“Intinya, kekayaan kita tidak hanya kita pelihara, tapi juga semakin kita populerkan. Kenapa tidak kita menduniakan karya-karya Betawi tersebut kepada masyarakat yang lebih luas lagi di dunia,” AHY mengajak.

(detik/dik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*