Elwen Roy Pattiasina Pimpin Demokrat Maluku

Elwen Roy Pattiasina saat menerima Pataka Partai Demokrat dari Ketua BPOKK DPP-PD Jenderal TNI (Purn) Pramono Edhie Wibowo.(Foto: MCPD/Kardi)

Ambon, Maluku: Musyawarah Daerah IV Partai Demokrat Provinsi Maluku yang berlangsung, Jumat (19/5), di Swiss-belhotel Ambon telah dibuka oleh Ketua BPOKK DPP Partai Demokrat, Jenderal TNI (Purn) Pramono Edhie Wibowo. Pramono juga telah memimpin proses persidangan selama Musda tersebut.

“Musda dibuka oleh Ketua BPOKK dan setelah itu dilanjutkan dengan sidang Musda IV Partai Demokrat Maluku,” ujar Melkias Frans, dalam sambutannya sebagai ketua panitia Musda IV DPD Partai Demokrat Povinsi Maluku.

Ia berharap Musda ini bisa ber­jalan dengan aman dan sukses agar proses pemilihan ketua DPD untuk  lima tahun mendatang bisa terlak­sana dengan baik. Sebelumnya, Frans menjelaskan, agenda pelaksanaan Musda yang dilakukan Partai Demokrat ini untuk memilih ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Maluku periode 2017-2022.

“Musda ini penting dilakukan untuk memilih ketua DPD yang baru yang kemudian disusul dengan ke­pengurusan DPD Partai Demokrat Provinsi Maluku periode 2017-2022 sekaligus dilakukan evaluasi kepar­taian untuk menyusun program par­tai di daerah,” ungkap Frans.

Disinggung soal figur-figur siapa yang telah mendaftar sebagai calon ketua, Wakil Sekretaris DPD Partai Demokrat Maluku, mengaku tidak mengetahuinya. Dikatakan, dalam proses pemili­han ketua DPD nantinya tergantung dari para pemilik suara yakni ketua-ketua DPC.

“Ada 11 DPC di Maluku yang memiliki hak suara namun karena Ketua DPC  Partai Demokrat Kabu­paten MTB telah meninggal dunia sehingga satu DPC gugur dan ter­sisa 10 DPC ditambah dengan suara dari DPD dan DPP. Jika dalam proses musda ini ditemukan adanya duku­ngan ganda maka dukungan tersebut gugur dan Ketua DPC langsung evaluasi­,” tegasnya.

Hasil musda DPD Partai Demo­krat Maluku, secara aklamasi Elwen Roy Pattiasina telah mendapatkan dukungan 8 DPC dari 10 DPC di Maluku untuk me­mimpin DPD Partai Demokrat.

Delapan DPC itu yakni Kota Ambon, Malteng, MBD, Kepulauan Aru, SBT, Malra, Buru dan Bursel. Sementara dua DPC lainnya, yaitu Kabupaten SBB dan Kota Tual memberikan dukungan kepada Jacobus F Puttileihalat.

Roy mendapatkan dukungan dari sembilan DPC namun  karena Ketua DPC Kabupaten MTB telah meninggal dunia sehingga dukungan tersebut telah gugur dengan sendirinya. Dengan demikian, hanya tersisa delapan DPC.

Hadir dalam pembukaan Musda IV DPD-PD Provinsi Maluku diantaranya Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Cornel Simbolon, Wakil Direktur Eksekutif Irawan S Leksono, Ketua Divisi Keamanan Internal DPP-PD Rudi Kadarisman dan Sekretaris KPP-PD Ahdi Muqsit (Osit).

(kardi/wan/dik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*