Lukas Enembe, Tokoh Pembangun Indonesia Timur

Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP.MH (wiki)

Jakarta: Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP.MH menerima apresiasi sebagai Tokoh Pembangun Daerah Indonesia Timur dalam ajang penganugerahan INews Maker Award 2017 karena dinilai sukses membangun Papua selama empat tahun kepemimpinanannya dan menjadi sosok yang banyak diberitakan media.

Penghargaan tersebut diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, TEA Hery Dosinaen, S.IP.MKP mewakili Gubernur Lukas pada Senin malam, (22/5) di Plenary Hall Gedung MNC News Center, Jalan Kebon Sirih Kav 17-19, Menteng Jakarta Pusat.

Sekda Papua Hery Dosinaen pada kesempatan itu mengapresiasi INewsTV selaku pihak penyelenggara acara yang telah memberi penghargaan ini. Hery mengaku bangga dan bersyukur karena kinerja yang ditunjukkan Gubernur Lukas Enembe sejak memimpin Papua 9 April 2013, dipantau dan dinilai oleh pihak luar, termasuk INewsTV.

“Ini malam bersejarah buat Provinsi Papua di bawah kepemimpinan Lukas Enembe yang membangun dengan visi Papua Bangkit Mandiri dan Sejahtera dalam bingkai NKRI. Atas Gubernur dan seluruh masyarakat Papua, kami menyampaikan terima kasih kepada INews TV atas apresiasi yang diberikan kepada pemimpin pembaharu kami, Gubernur Lukas,” kata Sekda di atas pangggung acara untuk menerima piala.

Menurut Hery, penghargaan yang diterima menunjukkan bahwa kinerja gubernur dan jajarannya dalam mewujudkan visi Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera semakin hari semakin baik. Ia mengatakan, di tengah tantangan yang kompleks dalam membangun Papua, namun berkat aneka kebijakan yang berpihak kepada masyarakat, Lukas diapresiasi mampu membawa kemajuan bagi Papua seperti yang terlihat hari ini.

“Penghargaan ini tentu saja menjadi motivasi dan semangat bagi seluruh jajaran Pemprov dan juga para bupati agar bekerja lebih  giat lagi membangun Papua yang mandiri dan sejahtera,” tegas Hery.

Sebelumnya, pada Selasa (25/4/2017) di Sidoarjo, Jawa Timur, Gubernur Papua diwakili Kepala Kantor Badan Penghubung Provinsi Papua menerima penghargaan tematik Otonomi Daerah dari Kementerian Dalam Negeri karena dinilai berhasil membangun kesejahteraan masyarakat terisolir di Papua.

Sementara pada Senin, (3/4/2017) Gubernur Papua juga meraih penghargaan sebagai salah satu kepala daerah inspiratif 2017, versi Majalah Sindo Weekly di Hotel Borobudur Jakarta. Lukas Enembe dinilai sebagai sosok ppemimpin inspiratif yang mampu membuat terobosan pembangunan di Papua dan mensinergikan program kerjanya dengan pemerintah pusat

Sosok Pemimpin Pembaharu

Menurut Direktur INews TV Wijaya Kusuma, penghargaan kategori ini diberikan kepada Gubernur Lukas karena ia dinilai sebagai sosok pemimpin pembaharu yang banyak melakukan terobosan dalam membangun Papua. Sejumlah kebijakan pembangunan yang dilakukan di bawah visi Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera mampu mengangkat Papua dari ketertinggalan.

“Papua butuh sosok pemimpin seperti Lukas Enembe yang mampu menjadi pemimpin yang mengajak rakyatnya bangkit,” kata Wijaya.

Wijaya menjelaskan, sebagai saluran berita informatif dan inspiratif, INews TV menggelar INews Maker Award sejak 2015 untuk memberi penghargaan kepada pejabat publik, kepala daerah, tokoh masyarakat dan olahragawan yang paling banyak dibicarakan publik karena terbukti berkontribusi membangun bangsa dan daerahnya.

“Tahun ini kita pilih Tema “Indonesia Bangkit” karena bulan Mei identik dengan peringatan hari Kebangkitan Nasional. Konsep penilaiannya, mengacu pada 1P+3K yaitu Popularitas, Kepeloporan, Konsistensi dan Kepakaran. Untuk penghargaan kita pilih 6 kategori, yaitu Kategori Pejabat Publik, Sosial Kemasyarakatan, Profesional, Fenomenal, dan Lifetime Achievement,” ujarnya.

Selain Gubernur Lukas, sejumlah kepala daerah yang menerima INews Maker Award 2017, di antarnya Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan terpilih menjadi pemimpin provinsi dengan kinerja terbaik Bupati Puncak Jaya, Papua Wellem Wandik, SE.M.Si sebagai tokoh pembangun infrastruktur daerah terisolir, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti sebagai tokoh pengembang program pertanian, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah sebagai kepala daerah yang menerapkan Smart City, dan Pemerintah Kabupaten Lombok Utara menerima apresiasi untuk kategori inovasi dalam percepatan pelayanan publik.

Empat kementerian pun mendapat penghargaan bergengsi ini. Menteri Pariwisata Arief Yahya mendapat penghargaan sebagai tokoh yang menduniakan Indonesia, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mendapatkan penghargaan sebagai tokoh pelopor program keluarga harapan, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek menerima apresiasi sebagai tokoh pelopor gerakan masyarakat hidup sehat, dan Kementerian Pemuda dan Olahraga menerima penghargaan sebagai pembaharu program kepemudaan dan olahraga.

Sementara pejabat publik dan tokoh di antaranya yaitu Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dari kategori pejabat publik, Bagir Manan, mantan Ketua MA dan mantan Ketua Dewan Pers untuk kategori Lifetime Achievement, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Erlinda Iswanto dari kategori sosial kemasyarakatan, dan atlit bulu tangkis peraih medali emas Olympiade Brasil, Tantowi Ahmad dan Liliyana Natzir.

(Gusty Masan Raya/papuabangkit/dik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*