Demokrat Gelar Hasil Survei Calon Walikota Serang

Sekjen Partai Demokrat Hinca IP Pandjaitan dan ketua DPD PD Banten Aeng Haerudin foto bersama dengan Bacalon Walikota Serang yang mendaftar di DPC PD Kota Serang di Hotel Le Dian, Kota Serang, Rabu (27/9). (Foto; MCPD/Iwan)

Serang, Banten: Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat (DPC PD) Kota Serang, Banten merilis hasil presentasi survei bakal calon (Bacalon) Walikota Serang Periode 2018-2023 yang bekerja sama dengan lembaga survei Indonesia (LSI) di Hotel Le Dian,kota Serang,Rabu (27/9).

Sekjen Partai Demokrat Hinca IP Pandjaitan kepada awak media mengatakan hampir semua partai politik menggunakan survei sebagai alat bantu utama partai untuk mengambil keputusan.

“Seandainya Demokrat hari ini bisa berjalan sendirian, Anda bisa menebak sendiri hasilnya, Tapi masalahnya syarat dukungan kursi minimum 20 persen di parlemen tersebut, tidak satu partai politik pun memilikinya termasuk Demokrat. Oleh karena itu semua tergantung kepada seni komunikasi politik cerdik, cerdas dan baik yang dilakukan sesama partai partai politik. Partai Demokrat akan melakukan komunikasi politik tersebut,” Hinca memaparkan hasil survei yang menempatkan Vera Nurlaela Jaman di urutan pertama dan Nuraeni (kader Demokrat) di posisi kedua.

Hinca menegaskan, kalau ditanya masalah figur internal, tentu Partai Demokrat senang karena ada kadernya yang masuk dalam radar survei tersebut yaitu Nuraeni dan Amanudin Toha. Tetapi melihat Jumlah kursi, tentu harus dilakukan  komunikasi politik. Survei merupakan alat bantu utama mengambil keputusan dalam komunikasi itu.

“Untuk pilkada, Demokrat memberi kesempatan seluas-luasnya kepada kader untuk maju tetapi survei itu juga memberi alat ukur dan pengingat dan penanda kepada Demokrat,” Hinca menegaskan Demokrat berpegang pada realitas politik.

Partai Demokrat punya 5 kursi di DPRD Kota Serang. Demokrat siap untuk di “kosong satu” (Bupati/Walikota) ataupun “kosong dua” (Wakil Bupati/Wakil Walikota). Suksesnya Pilgub Banten dengan terpilihnya kader Demokrat sebagai gubernur, yaitu Wahidin Halim, harus diikuti kesuksesan berikut, termasuk menang pada empat pilkada di Banten yaitu Kota Serang, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Lebak 2019.

“Untuk pilkada di seluruh Indonesia, Demokrat menargetkan menang 35 persen dari 171 pilkada yang ada di indonesia. Siapa yang menang pilkada 2018, dialah cerminan sebagai pemenang Pemilu 2019 karena ini 74 persen pemilihnya,” ungkap Hinca.

Hasil presentasi Lembaga Survei Indonesia (LSI) untuk bacalon Walikota Serang: Vera Nurlaela Jaman di urutan pertama dengan nilai 72,4 persen, yang kedua Nuraeni 54,5 persen, ketiga Wahyudin Djahidi 36,0 persen, Subadri Usuludin 28,9 persen, Ranta Soeharta 25,2 persen, Amanudin Toha 17,4 persen, lalu Athaussalam Rais 17,0 persen dan Yhannu Setiyawan 8,7 persen.

Sekjen Partai Demokrat Hinca IP Pandjaitan saat Konsolidasi dengan kader di kantor DPD PD Banten, Kota Serang, Rabu (27/9).(Foto: MCPD/Iwan)

Setelahnya Sekjen Partai Demokrat Hinca IP Pandjaitan serta rombongan melanjutkan kunjungannya ke Kantor DPD PD Banten untuk melakukan konsolidasi.

Ketua DPD PD Banten Aeng Haerudin mengatakan bahwa ulang tahun Partai Demokrat yang ke-16 selain diadakan di DPD-PD banten juga dilaksanakan di masing-masing DPC PD se-Banten.

“Suatu saat nanti setelah di Cilegon, Sekjen PD Hinca IP Pandjaitan akan melakukan serbu ranting di tempat lainnya di Banten dan kader harus siap,” Aeng menyampaikan.

Dalam kesempatan tersebut Aeng juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada Sekjen Partai Demokrat Hinca IP Pandjaitan dengan memotong tumpeng yang telah disediakan oleh panitia.

Di tempat yang sama Sekjen Partai Demokrat Hinca IP Pandjaitan kepada kader di Banten menyampaikan pesan Ketua Umum Partai Demokrat waktu konsolidasi di Hotel Sahid, Jakarta bahwa Demokrat  harus tuntaskan verifikasi parpol dan harus selesai secepat-cepatnya

Nanti waktu pendaftaran ke KPUD agar kader sebanyak banyaknya ikut mengawal dan mari kita birukan jalan sepanjang ke KPUD dan kita perlihatkan bahwa PD siap berkompetisi di pemiu 2019 dan ranting harus berada di barisan paling depan.

DPD PD Banten setelah konsolidasi akan menerima perwakilan dari KPK, Sekjen menginstruksikan agar kader PD di Banten menerima kedatangan KPK dengan baik. Penerimaan baik pada perwakilan KPK  adalah wujud introspeksi Partai Demokrat yang konsisten mendukung KPK dalam pemberantasan korupsi. Demokrat menolak pelemahan apalagi pembekuan KPK.

Selesai dari DPD PD Banten kegiatan di lanjutkan dengan serbu ranting ke DPC PD Cilegon dengan mendatangi Kecamatan Purwakarta untuk memberikan bantuan mesin steam motor untuk ketua ranting dan bantuan ke masjid yang ada di daerah tersebut.

Turut dalam rombongan Sekjen Partai Demokrat Hinca IP Pandjaitan, Ketua Divisi Keamanan Internal DPP-PD Rudy Kadarisman,  Sekretaris Divisi Komunikasi Publik DPP-PD Hilda Thawila, Sekretaris Dept Agama DPP-PD Elfira Kaunang, Manager #Timnas Serbu Ranting Demokrat Jackson Kumaat, Plt Ketua DPC-PD Cilegon M Haris dan para pimpinan lainnya.

(Iwan K/dik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*