Demokrat Kab Kupang Ronda Keliling di Tiga PAC

DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang menggelar Ronda Keliling di tiga PAC yakni PAC Kupang Tengah, PAC Kupang Timur dan PAC Fatuleu. (kilastimor.com)

Oelamasi, Kab Kupang:  Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-16 Partai Demokrat, DPC Demokrat Kabupaten Kupang gelar Ronda Keliling Pimpinan Anak Cabang (PAC). Disaksikan kilastimor.com, pada Jumat (8/9), ketua DPC Demokrat Kabupaten Kupang, Winston Rondo bersama para pengurus, mengunjungi tiga PAC di Kabupaten Kupang. Ketiga PAC tersebut antara lain PAC Kupang Tengah, PAC Kupang Timur dan PAC Fatuleu.

Winston Rondo, yang juga ketua Fraksi Demokrat DPRD provinsi NTT, ketika mengunjungi ketiga DPC tersebut, menyampaikan beberapa hal terkait kinerja Partai Demokrat di DPC Kabupaten Kupang. Dirinya mengungkapkan, sejak enam bulan setelah dilantik sebagai ketua DPC, ada banyak hal yang telah dilakukan di Kabupaten Kupang.

Dengan mengusung slogan “Peduli dan Beri Solusi”, DPC Demokrat telah melakukan berbagai kegiatan kunjungan dan melakukan pelayanan sosial di berbagai desa dan kecamatan di Kabupaten Kupang. Dirinya bersama DPC Demokrat telah mengunjungi berbagai sekolah di kecamatan Amfoang Timur, Amarasi, Amarasi Timur dan kecamatan yang lain. Dirinya juga mengungkapkan, kegiatan peduli pendidikan juga dilakukan di kecamatan Amarasi, Amarasi Barat dan kecamatan yang lainnya.

“Seperti yang dilakukan di Amfoang Timur, pada bulan Agustus kemarin kita rayakan HUT Proklamasi di tapal batas RI-RDTL. Kemudian, kami lanjutkan dengan melakukan diskusi dengan berbagai guru, dari sekolah di Amfoang Timur. Selain itu, kita juga membagikan bantuan dalam bentuk perlengkapan sekolah, alat musik seperti gitar, dan perlengkapan olah raga, dan bukan saja di Amfoang Timur, tetapi di kecamatan Amarasi, Amarasi Barat dan kecamatan yang lainnya ” Ungkap Winston.

Lebih lanjut, ketika berdialog dengan para pengurus PAC, Winston menjelaskan bahwa, tujuan ronda keliling PAC dilakukan untuk memberikan dukungan dan penguatan kepada PAC dalam perjuangan mereka. Selain itu, sebagai pengurus DPC  perlu menunjukan kepada pengurus PAC dan ranting bahwa DPC tidak hanya duduk d belakang meja. Sehingga, melalui Ronda tersebut, pengurus DPC  mengenal lebih dekat dengan para pejuang partai di tingkat kecamatan dan desa.

Sejak ditetapkan sebagai ketua DPC,  ia berkomitmen membawa Demokrat dengan cara baru. Ronda keliling  merupakan bagian dari komitmen untuk membesarkan Partai Demokrat di Kabupaten Kupang.

Pada kesempatan ini, Winston dan Pengurus DPC melakukan dialog dengan pengurus PAC, Ranting dan simpatisan yang hadir. Tujuan dari dialog  menggalang aspirasi pengurus partai dan masyarakat. Menurutnya, melalui pintu partai berbagai aspirasi dapat disampaikan, karena partai sendiri memiliki anggota legislatif yang merupakan wakil masyarakat.

Melalui dialog tersebut, Petrus Laukamuti salah seorang anggota anak ranting Desa Oebelo menyampaikan, ia telah aktif di Partai Demokrat sejak tahun 2001. Masalah yang ditemuinya adalah komunikasi. Banyak informasi dari pusat maupun provinsi dan kabupaten putus, sehingga mereka di tingkat bawah tidak dapat mengaksesnya.

Sementara itu, Yulius Hule  salah satu pengurus PAC Kupang Tengah, meminta agar Partai Demokrat memperhatikan pemuda yang ada di lingkungannya. Dirinya berharap,  Demokrat bisa memperhatikan pemuda-pemudi yang ada di tempatnya, melalui musik dan olah raga, karena sebagian besar pemuda ditempatnya memiliki bakat dalam hal musik dan olah raga.

Sedangkan Ayub Raja Lawa Ketua PAC Kupang Timur, pada kesempatan ini, menyampaikan perlunya pelatihan dan pengembangan SDM Pemuda di tempatnya, agar memiliki ketrampilan. Ayub berharap, Partai Demokrat bisa membawa solusi terkait hal-hal tersebut. Ayub juga melaporkan bahwa walaupun baru satu minggu dirinya ditetapkan sebagai ketua PAC, tetapi saat ini, PAC-nya telah memiliki 57 anggota pengurus aktif.

Menanggapi pertanyaan yang yang dilontarkan para pengurus PAC di Kupang Tengah dan Kupang Timur,  Winston mengatakan bahwa, Demokrat pada prinspinya tetap memegang slogan  peduli dan beri solusi. Menjawab pertanyaan Petrus Laukamuti, Winston mengatakan bahwa, terkait komunikasi yang terputus, dirinya bersama pengurus DPC, memiliki rencana, bahwa dalam waktu dekat dirinya akan melakukan konsolidasi di tingkat ranting tingkat desa, yang dinamakan serbu anak ranting. Dengan demikian, komunikasi yang selama in terputus, dapat berjalan dengan baik.

Sementara terkait pemuda, seperti yang disampaikan Yulius Hule, Winston  mengatakan bahwa, Demokrat sangat berkomitmen dengan pemberdayaan dan pengembangan orang muda. Menurutnya, ke-24 pac dan 177 anak ranting di kabupaten Kupang yang sudah aktif, DPC akan membantu  alat olah raga dan musik. Tetapi menurutnya, mekanismenya  alat olah raga dan musik akan serahkan melalui PAC, kemudian akan dilanjutkan kepada kepala desa setempat, agar digunakan untuk pengembangan bakat pemuda di desa-desa.

Menjawab pertanyaan Ayub Raja Lawa, Ketua PAC Kupang Timur, terkait sekolah bagi anak-anak di lingkungannya, Winston mengatakan bahwa dirnya akan secepatnya menindak lanjuti permintaan tersebut. Dimana, dirinya akan segera membantu untuk membuka sebuah sekolah informal yang dinamakan Demokrat English Cours bagi anak-anak di wilayah PAC kecamatan Kupang Timur. Sedangkan untuk mengembangkan SDM pemuda, dirinya akan berkoordinasi dengan berbagai pusat pelatihan dan pengembangan SDM, agar memenuhi kebutuhan pemuda setempat.

Diakhir sambutannya, Winston mengajak pemuda dan masyarakat untuk mau terlibat dalam partai politik.  Walaupun akhir-akhir ini ada pemberitaan menjatuhkan partai tetapi dalam menentukan ekonomi, sosial budaya dan apapun yang terkait dengan hak hidup masyarakat, itu adalah partai politik. Ada banyak kebijakan yang diambil pemerintah baik pusat dan daerah sangat dipengaruhi oleh fungsi legislasi DPR. DPR dipilih melalui partai politik untuk menentukan kepentingan umum atau disebut juga sebagai bonum komune.

Ditambahkan, politik sudah biasa diterapkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Politik diartikan sebagai seni dalam mengatur hidup agar lebih baik. Kebiasaan kehidupan tersebut, dapat  diaplikasikan melalui sebuah partai politik. Dirinya pada kesempatan tersebut mengajak pemuda dan masyarakat untuk bergabung dalam Partai Demokrat agar bersama-sama berpikir dan mengurus kesejahteraan rakyat.

Pada kesempatan ini, Winston dan pengurus lainnya menyerahkan atribut Bendera Merah Putih, Bendera Partai dan Papan PAC kepada pengurus PAC.

(kilastimor.com/dik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*