Demokrat Serbu Ranting: Dari Pembaretan hingga Ngubek Kolam

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Dr Hinca IP Pandjaitan memakaikan baret pada Wawan, Ketua Ranting Demokrat di Kelurahan Kedung Jaya, Kota Bogor, Minggu (3/9/2017) sebagai perlambang bahwa para ketua ranting sesungguhnya adalah “panglima perang” Partai Demokrat. (twitter/@hincapandjaitan)

Bogor: Demokrat tak pernah berhenti melahirkan beragam inovasi dan kreatifitas agar semakin dekat dengan rakyat. Kali ini kreatifitas yang lahir dari Ketua Umum Partai Demokrat Prof Dr Susilo Bambang Yudhoyono dan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Dr Hinca IP Pandjaitan adalah #GerakanSerbuRanting ke wilayah Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat (DPC-PD) Kota Bogor yang dipimpin Usmar Hariman (selaku ketua) dan Ferro Sopacua (sekretaris), Minggu (3/9/2017).

Sejak pagi hari, rombongan yang dipimpin Sekjen Partai Demokrat Hinca Pandjaitan, yang didampingi istrinya, Engelbertha Hinca Pandjaitan, telah menyerbu Kota Bogor, memulai Gerakan Serbu Ranting. Nampak hadir, antara lain, Bendahara Umum DPP-PD Indrawati Sukadis, Wakil Sekjen DPP-PD Andi Timo Pangerang, Wakil Sekjen DPP-PD Ramadhan Pohan, Ketua Divisi Keamanan Internal DPP-PD Rudi Kadarisman, Ketua Divisi Komunikasi Publik DPP-PD Imelda Sari, Sekretaris Divisi Komunikasi Publik DPP-PD Hilda Thawila, Sekretaris Dept Perencanaan Pembangunan DPP-PD Firliana Purwanti, Anggota Dept Agama DPP-PD Elfira Kaunang,  Anggota Dept Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jackson W. Kumaat, Bendahara DPD-PD DKI Mariana Harahap, serta kader utama Partai Demokrat antara lain Ferdinand Hutahaean, Benny Minarsono, Jane Shalimar, Dicta Simbolon, Redi Susilo, M. Natsir Ubaya, Soeyoto dan lainnya.

“Gerakan Serbu Ranting adalah gerakan mendatangi seratus ribu ranting. Asumsinya ada sekitar 80 ribu ranting (struktur Demokrat setingkat kelurahan atau desa di Indonesia). Belum lagi anak ranting (setingkat RW) dan cucu ranting (setingkat RT),” ujar Rudi Kadarisman kepada web demokrat.

Ranting pertama yang dikunjungi Kelurahan Tanah Sareal Kota Bogor yang dipimpin Rudi Turmudji. Ranting kedua yang dikunjungi adalah Kelurahan Kebon Pedes yang dipimpin Sape’i.  Ranting ketiga yang dikunjungi Kelurahan Kedung Badak, Kota Bogor yang dipimpin Ruslandi. Ranting ke-4 yang dikunjungi Kelurahan Kedung Jaya, Kota Bogor  yang dipimpin Wawan.  Ranting ke-5 yang dikunjungi berada di Kelurahan Kedung Waringin Kota Bogor yang dipimpin Wawan Mulyawan.

Dalam setiap kunjungan ke ranting tersebut, Hinca Pandjaitan selalu menyerahkan bendera Partai Demokrat sebagai lambang bahwa para ketua ranting dan jajarannya harus mengibarkan panji-panji Demokrat. Hinca Pandjaitan juga langsung memakaikan baret biru Demokrat pada para ketua ranting sebagai  penanda bahwa para ketua  ranting sesungguhnya adalah “panglima perang” Partai Demokrat. Di tangan merekalah kemenangan Demokrat ditentukan.

Suasana acara mengubek kolam yang digelar Demokrat di Kelurahan Mekar Wangi, Kota Bogor, Minggu (3/9/2017). perlambang Demokrat menikmati keceriaan dan kebahagiaan bersama rakyat dalam kesejahteraan. (twitter/@hincapandjaitan)

Setelah mengunjungi lima ranting, barulah Hinca dan rombongan menuju kediaman Ketua PAC Kecamatan Tanah Sereal Kota Bogor, Rahman Sabana. Di sana, Rahman Sabana menjamu Hinca dan rombongan dengan nasi liwet khas Bogor. Yang menarik Hinca dan para kader Demokrat menikmati sajian tersebut dengan bersila  beramai-ramai dan menikmati sajian yang ditaruh rapi di atas daun- daun pisang  disusun memanjang. Seusai menikmati nasi liwet nan lezat itu, Hinca dan para kader kembali mendapat suguhan durian bogor yang telah terkenal rasa enaknya.

Hinca juga memberikan bendera Demokrat dan membareti  Rahman Sabana agar siap memimpin ranting-rantingnya memenangkan Partai Demokrat di Pilkada 2018 dan Pileg-Pilpres 2019.

Setelahnya Hinca dan rombongan mengunjungi Ranting Mekar Wangi Kota Bogor yang dipimpin Kurdi.

Puncak kegiatan #GerakanSerbuRanting adalah acara mengubek kolam yang digelar Demokrat di Kelurahan Mekar Wangi. Mengubek kolam adalah acara mencari ikan di kolam yang diikuti kaum ibu, para gadis, remaja putri dan anak-anak. Sebelum peserta perlombaan menyempelung, kolam telah diisi ikan yang sangat banyak.   Ngubek kolam adalah perlambang Demokrat menikmati keceriaan dan kebahagiaan bersama rakyat dalam kesejahteraan.

Ini juga bagian dari filosofi yang kerap disampaikan Hinca bahwa Demokrat berpolitik dengan kening tak berkerut. Berpolitik harus dengan rasa bahagia karena berpolitik memang mengedepankan kelurusan hati dan keinginan membahagiakan sesama.

(didik l pambudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*