Lantik Pengurus di Depan Rakyat, Demokrat Siap Rebut Kemenangan

Pantai Samudera di Singkawang. (CNN Indonesia)

Oleh: Hilda Thawila*)

Partai Demokrat terus melakukan konsolidasi dan memanaskan mesin partai menjelang Pilkada 2018 dan Pemilu 2019. Salah satu agenda strategis yang dilakukan adalah menggelar pelantikan pengurus partai di hadapan rakyat. Ini adalah bagian dari perjuangan Partai Demokrat memenangkan hati dan pikiran rakyat.

Kali ini, Sekjen DPP Partai Demokrat Hinca Panjaitan akan melantik jajaran pengurus DPD Partai Demokrat  Kalimantan Barat (PD Kalbar) di Kota Singkawang.

Banyak orang yang  mengatakan kalau belum ke Singkawang artinya belumlah menginjakkan kaki di Bumi Kalbar.  Kota Singkawang  yang terletak sekitar 145 km sebelah utara Kota Pontianak dihuni tiga etnis besar yaitu Tionghoa, Dayak dan Melayu. Ketiga etnis yang sering disingkat Tidayu ini senatiasa hidup rukun, damai dan harmoni selama ratusan tahun.

Kota Singkawang  juga memiliki keunikan. Karena selain memiliki wisata alam, budaya, dan kuliner, di kota ini juga terdapat  bangunan China Town yang kental dengan suasana oriental. Karena itu  sangat tepat  DPP PD menjadikan Kota Singkawang sebagai tempat untuk melantik para pejuang-pejuang partai berlambang bintang segitiga merah putih wilayah Kalimantan Barat, di tempat ini.

Sebelum menceritakan dahsyatnya pelantikan DPD PD Kalbar di Kota Singkawang, saya akan menuturkan perjalanan DPP PD yang akan dipimpin langsung Bang Hinca Pandjaitan–panggilan akrab Sekjen Partai Demokrat yang kami banggakan.

Di Pontianak, begitu mendarat pada Sabtu pagi 16 September, rombongan disambut Tarian Dayak yang indah itu. Selanjutnya rombongan akan  sarapan pagi dengan makanan  khas Pontianak yaitu bubur ikan ahian yang beralamat di Jalan Waru Pontianak.

Usai sarapan pagi, Sekjen DPP PD Bang Hinca dan rombongan akan mengunjungi Rumah Betang, yang merupakan  rumah adat dan identitas Suku Dayak. Di Rumah Betang, Bang Hinca akan melakukan pengecatan rumah secara simbolis sebagi bentuk kecintaan Partai Demokrat terhadap nilai-nilai dan budaya nusantara. Di tempat ini, Sekjen PD akan berdialog dengan Dewan Adat Dayak sekaligus menyerahkan bantuan dan cindera mata.

Setelah berkunjung ke Rumah Betang, Sekjen DPP PD dan rombongan akan mengunjungi Keraton Kadariah yang merupakan Keraton Kesultanan Pontianak yang dibangun pada abad ke-17 dan berlokasi di bibir Sungai Kapuas. Di Keraton, Sekjen PD akan menggelar pertemuan dengan Sultan  Kadariah dan makan siang Saprahan (makan adat melayu).

Selanjutnya, Sekjen PD dan jajaran akan mengunjungi salah satu media terbesar di Pontianak yaitu Pontianak Post. Di sini, Sekjen akan menjelaskan secara gamblang dan detail tekad Partai Demokrat yang bekerja untuk rakyat, senantiasa peduli dan memberi solusi.

Dari Kota Pontianak, Sekjen PD dan rombongan bergerak menuju Kota Singkawang. Perjalanan menggunakan mobil diperkirakan sekitar dua jam lebih.  Di tengah perjalanan, Sekjen  DPP PD akan mampir di kantor DPC PD  Kabupaten Mempawah. Beberapa saat, Bang Hinca akan menyapa dan berbincang dengan pengurus serta kader DPC hingga ranting di Kabupaten Mempawah. Dari Mempawah, Rombongan  meneruskan perjalanan  ke Singkawang. Begitu tiba di Singkawang, Sekjen DPP PD dan rombongan  menuju Rumah Sakit Kusta Alverno yang berlokasi di Jalan Gunung Sari 70, Pasiran, Singkawang Barat. Di rumah sakit yang dikelola para pastor dan para suster ini, Sekjen DPP PD akan memberikan bantuan operasional berupa satu unit motor sebagai wujud kepedulian Demokrat. Pemberian bantuan ini juga sebagai bagian perayaan satu abad atau 100 tahun  pengabdian  RS Kusta Alverno yang jatuh tepat pada  30 September 2017.

Rangkaian acara pelantikan DPD Partai Demokrat Kalbar akan diisi dengan pembekalan kepada segenap jajaran PD Kalbar dari provinsi hingga tingkat ranting oleh Bang Hinca Pandjaitan. Pembekalan ini akan diikuti sekitar 600 orang dan dilaksanakan di Ballroom Hotel Swissbell Singkawang pada Sabtu 16 September pukul 19.00 WIBA hingga selesai.

 

Keesokan harinya, Minggu pagi 17 September, dilaksanakan acara “Demokrat Bersama Rakyat “ berupa jalan santai bersama ribuan warga Kota Singkawang. Jalan santai yang melibatkan ribuan rakyat ini akan diisi dengan doorprice dan hiburan bagi rakyat. Untuk itu, diharapkan bagi segenap warga Kota Singkawang ikut terlibat dan mendaftarkan diri dalam kegiatan jalan santai ini. Seperti yang sudah dilakukan di daerah-darah lain, Sekjen DPP Partai Demokrat akan melantik pengurus DPD PD Kalbar langsung di hadapan ribuan rakyat.

Pada Minggu pagi itu pula, Sekjen DPP PD akan melantik secara resmi Ketua DPD PD Kalbar Suryatman Gidot MPd dan Pengurus DPD PD periode 2017-2022. Pelantikan ini akan disaksikan di depan puluhan ribu rakyat dari berbagai kota yang ada di Kalbar.  Pelantikan ini juga menegaskan kembali komitmen dan kesetiaan Partai Demokrat kepada rakyat. “Partai Demokrat Hadir dan Berjuang Bersama Rakyat”. Tanpa rakyat partai ini tidak akan ada apa apanya.

Sebagai partai dengan ideologi nasionalis religius, Sekjen DPP PD dan rombongan pada Minggu siang, akan mengunjungi Vihara Tri Dharma Bumi Raya yang merupakan klenteng tertua di Kota Singkawang. Di klenteng yang telah berusia 300 tahun ini, Sekjen PD dan rombongan akan menggelar pertemuan dan ramah tamah dengan jajaran pengurus klenteng. PD akan mengajak segenap umat beragama di Indonesia untuk memperkuat tekad bersama dalam menjaga kebhinekaan,  keharmonisan dan persatuan Indonesia.

Sebagai penutup tulisan ini, saya ingin bercerita bahwa bagi saya, yang asli Putri Melayu Kota Singkawang, adalah sebuah kebanggaan dan suka cita sepenuh hati bisa terlibat dan menjadi bagian dari kegiatan ini.

Saya yang lahir di Kota Singkawang merasa terhormat dan bangga  diberi kepercayaan oleh Ketua Umum PD Bapak Prof Dr Susilo Bambang Yudhoyono menjadi  Sekretaris Divisi Komunikasi Publik DPP PD. Apalagi, saya juga merupakan satu satunya Pengurus Pusat Partai Demokrat yang berasal dari Kota Singkawang.

Jayalah Selalu Partai Demokrat!

*)Sekretaris Divisi Komunikasi Publik DPP PD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*