Pendukung Lukas Enembe Mengadu ke Komnas HAM

Ribuan masyarakat Papua menuntut ‘Stop Kriminalisasi Lukas Enembe’ di halaman kantor Gubernur Papua, 19 September 2017. (Foto: wartaplus.com)

Jakarta: Perwakilan dari Barisan Massa Demo Akbar di Seluruh Tanah Papua mendatangi gedung Komnas HAM, di Jalan Latuharhari, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (25/9).

Mereka datang untuk mengadu kepada Komnas HAM agar mendesak pemerintah segera menghentikan segala bentuk kriminalisasi kepada Gubernur Papua Lukas Enembe.

“Tanggal 19 kemarin kami baru saja melakukan demonstrasi akbar di 6 kota yang ada di Papua, kita meminta agar pemerintah pusat menghentikan segala bentuk kriminalisasi kepada Lukas Enembe,” tegas Koordinator massa demo akbar, Alberto Wanimbo saat ditemui di Komnas HAM.

Mereka menganggap pasca ramainya Isu pertemuan dengan kepala BIN, Kapolri serta pengusutan kembali kasus korupsi diduga melibatkan Lukas Enembe oleh Bareskrim Polri adalah satu upaya kriminalisasi yang ditujukan kepada Gubernur Papua itu.

“Yang kami lihat menjelang pemilihan Gubernur Papua 2018 kita melihat ada muatan politik seperti misalnya proses penyelidikan di Bareskrim, barang buktinya kan tidak kuat namun terkesan dipaksakan,” kata dia.

Dalam pengaduannya, perwakilan massa demo akbar juga menyerahkan satu album foto dan video terkait kegiatan demo akbar di 6 kota tersebut sebagai bukti aspirasi dari masyarakat Papua yang menolak kriminalisasi.

“Kami juga bawa foto dan video dokumentasi ini ke Komnas HAM, agar pemerintah melihat keresahan kami” demikian Alberto.

(rmol/dik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*