Tonny Tesar-Frans Sanadi Pimpin Kep Yapen

Suasana Pleno Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen oleh KPU Papua.(Foto:papuabangkit.com)

Jayapura: Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua bertindak selaku Komisioner KPU Kepulauan Yapen, Selasa (05/09/2017), menggelar Rapat pleno terbuka dan menetapkan pasangan Tonny Tesar-Frans Sanadi sebagai Bupati dan Wakil Bupati Terpilih di daerah yang beribukota di Serui itu.

Ini tentu membahagiakan Partai Demokrat karena Tonny Tesar adalah Ketua DPC Partai Demokrat  Kepulauan Yapen.

Pleno terbuka KPU Papua digelar di salah satu hotel di wilayah Kota Jayapura dipimpin komisioner KPU Papua, Musa Sombuk dan didampingi anggota Tarwinto, Beatrix Wanane dan Izak Hikoyabi, serta pasangan Tonny Tesar-Frans Sanadi.

Sekretaris KPU Kepulauan Yapen, Freddy The saat membacakan hasil pleno menyebut, pasangan Tonny Tesar dan Frans Sanadi unggul dengan perolehan suara 27.391 atau 59,98 persen dari total suara sah.

“Pasangan yang disebutkan pada diktum satu, ditetapkan sebagai bupati dan wakil bupati. Keputusan mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan,”ujarnya.

Komisioner KPU Papua, Musa Sombuk selaku pimpinan rapat pleno selanjutnya menandatangani berita acara dan menyerahkan pada perwakilan Legislatif Kepulauan Yapen, tim sukses dan pasangan terpilih.

Bupati Kepulauan Yapen, Papua terpilih, Tonny Tesar dalam sambutannya mengapresiasi segenap penyelenggara pilkada yang telah melaksanakan pesta demokrasi hingga proses penetapan.

Hasil ini kata dia, merupakan proses panjang yang berujung pada putusan MK pada 31 Agustus lalu.

“Tak lupa juga apresiasi pada semua pasangan calon serta masyarakat Yapen. Kini saatnya kita semua bergandeng tangan. Kita punya tujuan yang sama. Pesta demokrasi sudah selesai mari kita bersama membangun Yapen,” ajak Tonny Tesar.

Sementara Musa Sombuk yang kepada pers usai pleno menyebut putusan itu sudah final dan mengikat. Selanjutnya tinggal tahapan untuk proses pengajuan menuju pelantikan.

Di tempat yang sama, Kapolres Kabupaten Kepulauan Yapen, AKB Dharma Suandito mengakui kondisi keamanan disana relatif aman dan kondusif.

“Sudah tak ada lagi permasalahan. Situasi aman dan kondusif, masyarakat beraktivitas seperti biasa,” ujarnya.

Adapun pasangan petahana Tonny Tesar-Frans Sanadi diusung koalisi Partai Demokrat, Golkar dan Nasdem. Keduanya berhasil menyisihkan Lima pasangan calon lainnya.

(papuabangkit.com/wan/dik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*