Konsep Wisata Politik dari Cianjur

Plt Ketua DPC-PD Kab Cianjur Wawan Setiawan saat mengunjungi PAC-PD di Kecamatan Leles, Kab Cianjur (dokpri)

Satu Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat (DPC-PD) yang hampir tak pernah henti merapatkan barisan; menggerakkan mesin partai adalah  DPC-PD Kabupaten Cianjur. Di bawah kepemimpinan Wawan Setiawan. DPC-PD Kab Cianjur terus menggelar beragam kegiatan untuk semakin mendekatkan Demokrat dengn rakyat.

Terakhir, kemarin, Sabtu (30/9/2017), DPC-PD Kab Cianjur melanjutan program  “Saba PAC” atau  mengunjungi Pimpinan Anak Cabang (PAC) PD di Kecamatan Leles Kab Cianjur. Kunjungan kali ini diisi dengan pengobatan gratis, santunan anak yatim, serta  verifikasi faktual pengurus PAC dan Ranting Demokrat se-Kecamatan Leles.

Nyaris tidak ada yang menduga ketika ditunjuk sebagai Plt Ketua DPC-PD Kab Cianjur, pertengahan Maret 2017, Wawan Setiawan melakukan gebrakan dahsyat. Hanya dalam kurun setengah tahun, Wawan Setiawan mampu membesarkan Demokrat di Cianjur. Ia membangun Kantor DPC-PD Kab Cianjur di  Jalan Raya Sukabumi no 105 a, Kabupaten Cianjur.  Kantor itu bahkan telah diresmikan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan, hanya sekitar 10 hari (23/3/2017), pasca Wawan Setiawan ditunjuk memimpin DPC-PD Kab Cianjur.

Lebih hebat lagi, Wawan Setiawan telah mengunjungi seluruh atau 32 PAC-PD se-Kab Cianjur. Ia bahkan berencana mendatangi langsung 360 Ranting (struktur tingkat desa Partai Demokrat) se-Cianjur.

Saat ditanya web demokrat soal kiatnya hingga mampu menggerakkan mesin partai sedemikian cepat, Wawan Setiawan menjawab ringkas,”Kalau kita memiliki konsep bahwa upaya membesarkan Partai Demokrat adalah wisata politik, maka kita tidak ada beban mengerjakannya. Kalau kata Bang Sekjen (Hinca Pandjaitan) ‘berpolitik dengan kering tak berkerut’”

Padahal Cianjur adalah satu kabupaten terluas di Jawa Barat. Jarak tempuh antar kecamatan bisa mencapai 5 hingga 8 jam perjalanan darat. Belum medannya begitu sulit di banyak kecamatan. Tetapi Anggota DPRD Jabar dua periode itu merasa enteng saja menjalaninya karena merasa bertanggungjawab atas kepercayaan yang diberikan Ketua Umum Partai Demokrat Prof Dr Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Dr Hinca Pandjaitan.

Plt Ketua DPC-PD Kab Cianjur Wawan Setiawan saat mengunjungi PAC-PD di Kecamatan Leles, Kab Cianjur (dokpri)

“Sudah saatnya seluruh PAC dan Ranting Demokrat menghidupkan mesin partai. Di Kab Cianjur, saya harus melengkapi kepengurusan seluruh PAC dan Ranting. Saya juga harus memastikan seluruh organ partai di Cianjur bekerja maksimal. Itu yang membuat saya wajib turun ke seluruh PAC dan Ranting se-Cianjur,” kata Wawan yang  dilahirkan di Cianjur, 19 April 1974.

Upayanya membesarkan Demokrat, yang nyaris menghabiskan waktu tersisa (mengingat kesibukannya sebagai wakil rakyat) dianggap Wawan Setiawan sebagai hal wajar. Itu adalah perwujudan rasa terima kasihnya kepada Partai Demokrat.

“Kantor DPC-PD Kab Cianjur adalah milik Partai Demokrat. Itu bentuk pengorbanan saya kepada Partai Demokrat. Saya sudah menikmati keberadaan Partai Demokrat. Saya sudah dua periode menjadi Anggota Dewan dari Fraksi Partai Demokrat. Kini Pak SBY dan Bang Sekjen kembali mempercayai saya membesarkan partai di Kab Cianjur. Kepercayaan itu harus saya jawab dengan berkerja sebaik-baiknya,” Wawan Setiawan memaparkan sikapnya.

Ihwal terpilihnya ia sebagai Anggota DPRD Jabar selama dua periode, Wawan Setiawan mengatakan, ia berasal dari kalangan akar rumput, sehingga ia memahami karakteristik masyarakat. Pemahaman itu pula yang menyadarkannya bahwa para pimpinan partai (sesuai arahan SBY) harus turun ke  bawah. Para kader harus memahami persoalan di akar rumput dan menyentuh hati masyarakat serta kader di struktur terbawah hingga mereka mau memilih dan membesarkan Demokrat di lingkungannya. Karenanya, meski berat, ia memastikan sebelum Pemilu 2019 digelar, ia telah mengunjungi langsung 360 Ranting Demokrat di 360 Desa se-Cianjur.

Wawan mengatakan, ia sekarang menjadi lokomotif yang membawa gerbong Demokrat se-Cianjur. Ia harus bisa memenuhi target meraih 15 kursi DPRD Kab Cianjur, 8 kursi DPRD Prov Jabar dari Dapil Cianjur, dan 3 kursi DPR-RI dari Dapil Cianjur. Saat ini Demokrat memiliki 10 kursi DPRD Kab Cianjur, 2 kursi DPRD Prov Jabar dari Dapil Cianjur (Jabar III), dan 1 kursi DPR-RI dari Dapil Cianjur (Jabar III).

Wawan mengakui itu target yang besar, tetapi ia menegaskan, jika mesin Partai Demokrat bergerak cepat maka target besar itu bisa diraih.

“Tentu semuanya harus diimbangi juga dengan kematangan SDM. Karena itu, saya kerap mengajak para kader untuk melakukan studi banding ke berbagai wilayah Demokrat di tanah air. Saya juga rajin belajar dan mengikuti aktifitas Demokrat Pusat. Saya tidak pernah merasa lebih baik dari kader lain setanah air. Saya memiliki banyak kekurangan yang bisa saya perbaiki dengan terus belajar,” Wawan Setiawan mengakhiri perbincangan.

(Didik L Pambudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*