AHY Ingatkan Mahasiswa Cerdas Gunakan Sosial Media

Ribuan mahasiswa menyambut hangat kedatangan Direktur Eksekutif the Yudhoyono Institute, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang memberikan kuliah umum bertemakan Strategi Pembangunan SDM dalam Menghadapi Persaingan Global, di Pusat Kegiatan Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau, Sabtu (4/11). (foto: kris mandalina)

Pekanbaru: Para mahasiswa diingatkan untuk cerdas dalam menggunakan teknologi dan sosial media, yang saat ini tidak seolah tak terbendung penggunaannya, bisa dimanfaatkan oleh siapa pun dan dimana pun.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Eksekutif the Yudhoyono Institute, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam memberikan kuliah umum yang bertemakan Strategi Pembangunan SDM dalam Menghadapi Persaingan Global, yang dilaksanakan di Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau, Sabtu (4/11).

Dalam kesempatan itu, AHY menyampaikan, sosial media memang sangat bermanfaat, terutama dalam berkomunikasi, memperoleh informasi, serta berbagi informasi dengan cepat kepada banyak prang sekaligus.

“Namun kita juga mesti ingat, sosial media juga bisa menjadi bumerang, jika pemanfaatannya tidak tepat. Mulai dari informasi hoax, hate speech, black campaign, dan lainnya. Kita harus sangat berhati-hati, dan teliti, jangan langsung share,” kata Agus dalam kesempatan itu.

Putra sulung SBY ini juga mengimbau, agar para mahasiswa bisa belajar menghadapi tantangan masa depan, dan jangan pernah takut untuk gagal.

“Bangsa cerdas adalah bangsa yang pendai menghadapi tantangan, dan mengubahnya menjadi peluang,” imbuhnya.

Dia juga menyampaikan, sebagai salah satu universitas di Riau, UIN Suska Riau telah memulai untuk menerima mahasiswa luar negeri. Hal tersebut menurutnya akan menjadi salah satu upaya penangkal negara dari berbagai macam konflik dunia.

Indonesia sebagai Negara yang besar, menurut AHY punya potensi besar untuk lebih dikenal oleh dunia, melalui produk barang dan jasanya.

“Karena produk-produk kita sangat banyak yang layak dikonsumsi dan digunakan oleh masyarakat dunia secara umum, peluang ini yang mesti kita manfaatkan kedepannya,” tuturnya.

Sebelumnya, mahasiswi Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) tak henti-hentinya berteriak histeris saat video profil Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) diputarkan sebelum kuliah umum di kampus tersebut dimulai, Sabtu (4/11).

Dalam video profile tersebut, diputarkan seputar perjalanan AHY saat masih berprofesi sebagai TNI, hingga ia menjadi salah seorang calon gubernur DKI Jakarta. Berbagai adegan dan pengalaman dalam video tersebut digambarkan, sampai perjalanan karir dan pendidikannya di luar negeri, membuat para mahasiswi terkagum-kagum.

AHY tampak begitu tampak gagah, muda, dan pesonanya membuat para mahasiswi tak henti-henti histeris, diiringi tepuk tangan yang meriah. Sejumlah prestasi dan pengalaman AHY pun digambarkan dalam video tersebut.

Sebelumnya, Prof Dr H Munzir Hitami MA, selaku Rektor UIN Suska Riau, menyampaikan, para mahasiswa harus siap dengan segala tantangan yang akan dihadapi ke depannya, dalam era globalisasi. Munzir dalam kesempatan itu juga sekaligus membuka acara tersebut.

Sebelumnya, saat mulai memasuki ruang Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) UIN Suska, tidak sedikit sorak dan teriakan nama AHY terdengar dari para peserta kuliah umum, terutama dari kaum mahasiswi.

AHY yang akan memberikan materi kuliah umum tampak tersenyum dan melampaikan tangan, membuat para fansnya semakin histeris dalam ruangan tersebut. Sebelum memulai kegiatan, AHY terlebih dulu disambut dengan tari persembahan.

AHY mengikuti sejumlah rangkaian kegiatan di Pekanbaru. Selain memberikan kuliah umum di UIN Suska, ia juga menghadiri pelantikan pengurus DPD Demokrat Riau, kenduri rakyat, jalan sehat, dan sejumlah rangkaian kegiatan lainnya.

(tribun/dik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*