Seratusan Ribu Warga Jadi Saksi Pelantikan Demokrat Riau

Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan sambutan pada seratusan ribu warga yang mengikuti “Jalan Santai Bersama AHY” yang dirangkai dengan pelantikan pengurus Partai Demokrat Riau di Car Free Day, Jalan Diponegoro Pekanbaru, Minggu (5/11/2017). (foto: theyudhoyonoinstitute)

Pekanbaru: Pelantikan pengurus Partai Demokrat Riau ini menjadi salah satu sejarah dari proses politik yang berbeda dari lazimnya.

Bila selama ini pelantikan dilakukan di gedung mewah, maka pengurus Partai Demokrat Riau dilaksanakan di ruang terbuka, tempat seratusan ribu warga melaksanakan olahraga, Car Free Day (CFD) di Jalan Diponegoro Pekanbaru, Minggu (5/11/2017).

Prosesi pelantikannya juga unik, karena, para pengurus tidak dilantik dengan mengikuti sumpah yang dibacakan oleh pengurus dewan pimpinan pusat, namun dilakukan dengan cara yang lebih ekstrem dengan menanyakannya kepada warga yang hadir.

“Dari zebra cross ini, di bawah lampu merah kuning hijau, saya lantik pengurus DPD Partai Demokrat Riau. Ini merupakan pelantikan bersejarah di Demokrat, karena dilaksanakan di hadapan masyarakat. Ini bukti, mereka dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat,” kata Sekretaris Jenderal Partai DPP Demokrat, Hinca IP Pandjaitan saat menanyakan kepada seratusan ribu massa yang berada di arena CFD.

“Masyarakat Riau, saya mau tanya pada Anda semuanya, apakah Anda bersedia dan setuju saya lantik mereka di sini?” pancing Hinca sambil memancing emosi warga.

Sekjen Partai Demokrat Hinca Pandjaitan memberikan Pataka Partai Demokrat kepada Ketua Partai Demokrat Riau, Asri Auzar didampingi seluruh pengurus Partai Demokrat Riau yang dilantik di hadapan seratusan ribu warga yang mengikuti “Jalan Santai Bersama AHY” di Car Free Day, Jalan Diponegoro Pekanbaru, Minggu (5/11/2017). (foto: tim hinca pandjaitan)

Warga yang hadir yang mayoritasnya juga massa acara Gerak Jalan Santai bersama Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY pun menjawab, ”setuju..!” jawab massa riuh.

Hinca pun tak bisa membendung larut dalam suasana pelantikan yang berbeda dari kebanyakan itu.

“Luar biasa, di hadapan rakyat dan Tuhan, Anda semua dilantik hari ini,” ujar Hinca lagi. Sesaat kemudian ia melantik pengurus DPD Demokrat Riau.

Tampak hadir menerima Pataka Partai Demokrat, Ketua Partai Demokrat Riau, Asri Auzar didampingi seluruh pengurus yang surat keputusan pengangkatannya dibacakan oleh Wakil Sekjen DPP Demokrat, Andi Timo Pangerang.

Arena CFD sendiri memang semenjak pagi menjadi lautan manusia dengan seragam biru khas Partai Demokrat. Puluhan ribu warga tumpah ruah untuk mengikuti acara gerak jalan santai bersama ‘the next leader’ AHY.

Spanduk raksasa bahwa Demokrat melindungi para kepala desa dari jerat korupsi turut mewarnai pelantikan pengurus Partai Demokrat Riau di hadapan seratusan ribu warga yang mengikuti “Jalan Santai Bersama AHY” di Car Free Day, Jalan Diponegoro Pekanbaru, Minggu (5/11/2017). (foto: tim hinca pandjaitan)

Massa warga Pekanbaru yang umumnya kaum ibu tak henti-hentinya menggelorakan keinginannya untuk bisa berfoto maupun berada di dekat AHY, putra sulung Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono itu.

”Om..tolong dong, kasih jalan mau foto sama Om AHY…” kata salah seorang ibu dengan nada berharap karena rapatnya massa yang ingin berada di dekat AHY.

AHY pun mengaku sangat surprised dengan respons yang diberikan warga Pekanbaru untuk kehadirannya kali ini.

”Rasanya luar biasa, ini dua hari sepertinya tidak cukup untuk berada di Riau. Mudah-mudahan besok kita bisa berada di Riau kembali bersama seluruh masyarakat Riau,” bujuk Agus  kepada masyarakat yang tak henti mengelu-elukannya.

(riausky.com/dik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*