AHY Kenang 2017 Selamanya

Agus Harimurti Yudhoyono. (instagram)

Bagi Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY,  tahun 2017 adalah tahun yang tak terlupakan. Menurut AHY, tahun ini akan dia kenang selamanya.

“Bagi saya pribadi, ini tahun yang luar biasa. Akan saya kenang selamanya,” ujar AHY di Cirebon, Senin, 25 Desember 2017.

Menurut AHY, selama 2017, dia telah melewati proses transformasi yang begitu dramatis, yaitu mengakhiri pengabdiannya di dunia militer dan masuk ke kompetisi politik. Semua itu, menurut AHY, telah mengubah segala sesuatu di dalam hidupnya. Dia tak mempermasalahkan meski kalah dalam pemilihan Gubernur DKI Jakarta.

“Kekalahan justru membawa hikmah bagi saya,” katanya.

Kekalahan itu, kata AHY, menyadarkannya bahwa segala sesuatu membutuhkan proses. Dalam setiap proses ada suka-duka dan jatuh-bangun.

“Tapi yang terpenting bagaimana kita bisa move on, bangkit dari kegagalan dan memperbaiki semuanya,” katanya.

AHY mengaku sudah move on dari 2017 dan punya sejumlah rencana untuk dijalankan pada 2018. “Itu mengapa beberapa bulan terakhir saya cukup sering berkunjung ke Tanah Air,” katanya.

Dia berujar ingin turun langsung, berinteraksi dan mendengarkan aspirasi masyarakat. AHY menuturkan sangat ingin mengetahui apa yang dihadapi masyarakat dari Sabang hingga Merauke. Namun ia membantah jika agenda keliling Nusantara tersebut dikait-kaitkan dengan pemilu presiden 2019. “Saya tidak ingin berandai-andai,” katanya.

Ia menyadari sejumlah lembaga survei menyebutkan dia punya peluang sebagai calon wakil presiden. Namun, kata AHY, survei itu bukan segala-galanya.

“Survei penting karena bisa jadi kompas. Yang terpenting saya ingin terus mempersiapkan diri,” ujar dia.

Saat ditanyakan mempersiapkan diri untuk apa, lagi-lagi AHY mengelak bila dikaitkan dengan Pemilu 2019.

“Saya belum bisa menjawab itu, karena hanya Allah yang tahu rencana apa yang diberikan kepada saya. Saya tidak ingin spekulatif,” katanya.

AHY mengaku hanya ingin bersiap karena jika sewaktu-waktu ada tugas negara yang diberikan kepadanya, dia pun sudah siap.

(tempo/dik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*