Muscab Demokrat se-Banten: Meniru AHY dan Iti Jayabaya yang Berlari Kencang

Ketua DPD-PD Banten Iti Octavia Jayabaya (bantenpos)

Oleh: Wawan Setiawan*)

Dua minggu lalu telah keluar keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) perihal verifikasi KPU. Dalam keputusannya disebutkan, permohonan uji materi pasal 173 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, yang berarti semua partai politik, termasuk 12 parpol peserta Pemilu 2014, harus mengikuti verifikasi faktual oleh KPU.

Di tengah-tengah keluar keputusan MK, DPD Partai Demokrat Provinsi Banten menunggu keputusan DPP Partai Demokrat kapan pelaksaan Muscab Serentak akan berlangsung.

Namun, keputusan DPP-PD akhirnya keluar. Setelahnya, DPD-PD Banten pun memberikan informasi bahwa pelaksanaan Muscab Serentak se-Provinsi Banten untuk delapan wilayah Kabupaten dan Kota (termasuk Kota Tangerang Selatan) tetap dilaksanakan sesuai jadwal.

Kini, bertempat di Hotel Atria Hotel Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, Senin (22/1), Muscab serentak Provinsi Banten dilaksanakan. Pelaksanaan muscab adalah untuk mencari figur Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC), termasuk sosok Ketua DPC Kota Tangerang Selatan.

Ketua DPC dipilih dalam forum di mana para ketua partai tingkat kecamatan atau Pimpinan Anak Cabang  (PAC) “memiliki kuasa sepenuhnya”. Para Ketua PAC-lah yang  menentukan siapa ketua partai di kabupaten dan kota mereka masing-masing.  PAC-PAC tentu akan menentukan sosok yang dianggap paling cakap dan mampu mengemban tugas meraih kemenangan Partai Demokrat.

Ketua DPC terpilih harus mampu menjalankan roda partai dan mengerakkan kader secara baik untuk periode 5 tahun ke depan. Begitu juga DPC di Kota Tangerang Selatan, yang mempunyai tugas merebut dan mengambil hati rakyat seperti pada Pemilu 2004, 2009, 2014.

Bukan pekerjaaan mudah bagi Ketua DPC-PD Tangerang Selatan agar menjadi pemenang kelak.  Terlebih pada pemilu 2019 mendatang ada penambahan partai politik yang menjadi peserta.  Sehingga tugas Ketua DPC terpilih harus berudaha bagaimana dapat mengemban amanah mengantarkan kader terbaiknya duduk sebagai anggota dewan. Seperti halnya prestasi pada Pemilu 2009, saat Demokrat Tangerang Selatan meraih  12 kursi sehingga berhak atas  posisi Ketua DPRD Tangerang Selatan. Jauh di atas raihan 3 kursi di DPRD Tangerang Selatang pada Pemilu 2014. Kini, menjadi teramat penting bagi Partai Demokrat mendirikan satu fraksi di DPRD Tangerang Selatan.

Tugas lain yang tak kalah penting bagi kader Partai Demokrat, bagaimana dapat mengantarkan sosok Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memimpin negeri ini. Ketika memutuskan pensiun dari TNI dan maju Pilgub DKI, perlahan-lahan, sosok AHY makin dicintai rakyat Indonesia.  Mereka menilai AHY mampu menjadi pemimpin nasional di usia masih terbilang muda.

Layaknya AHY yang terus bergerak, hal sama dilakukan Iti Octavia Jayabaya yang kini menjabat Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Banten.  Setelah terpilih menjadi Ketua DPD Banten,  Iti yang menjabat Bupati Lebak langsung begerak cepat menggerakkan mesin partai.

Ia merapikan struktur partai,  berkonsolidasi intensif dengan para kader, dan melaksanakan muscab serentak. Ketua DPD-PD Banten ini memastikan bahwa mesin partai di wilayahnya berjalan. Ia menginginkan kemenangan kembali Partai Demokrat di Banten.

Semangat AHY dan Iti Octavia Jayabaya adalah contoh bagi kader Partai Demorkat.  Meski masih muda, energi dan semangat mereka layak diacungi jempol. Ya bisa dikatakan semangat seperti tenaga yang baru dicash dan hingga mampu berlari kencang.

Kita tahu sosok Iti yang begitu energik dan lincah,  keberhasilannya sudah dibuktukan baik sebagai Ketua DPC Kabupaten Lebak dan juga saat ini menjabat Bupari Kabupaten Lebak yang didukung semua partai.

Sebagai kader Partai Demokrat, saya berharap pelaksanaan Muscab khususnya di Kota Tangerang Selatan menjadikan semangat para kader bagaimana memenangkan Pemilu 2019. Terlebih dengan kepemimpinan Iti yang diyakini dapat mengerakkan mesin partai dengan baik.

Bagi Ketua DPC terpilih harus mempunyai misi dan visi atau menirukan langkah seperti Iti Octavia Jayabaya, bagaimana semangatnya menjalankan mesin partai.

*)Wakil Ketua II DPC Kota Tangerang Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*