Berperahu Karet, AHY Bantu Korban Banjir

Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute (TYI) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama dengan AHY Foundation mengunjungi korban banjir daerah Bidara Cina, Jakarta Timur, Selasa (6/2) sore. (Foto: TheYudhoyonoInstitute)

Bidara Cina, Jakarta Timur: Tingginya intensitas hujan yang terjadi selama beberapa hari ini menyebabkan banjir di beberapa titik di kota Jakarta dan sekitarnya. Selasa (6/2) sore, di sela-sela kegiatannya, secara spontan Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute (TYI) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama dengan AHY Foundation mengunjungi korban banjir daerah Bidara Cina, Jakarta Timur.

Hujan cukup deras ketika AHY tiba di lokasi perumahan warga di RW 11 Bidara Cina. Berjalan masuk ke dalam, langsung terlihat deretan perumahan warga yang terendam banjir setinggi pinggang orang dewasa. Dengan sigap, AHY langsung menaiki perahu karet yang juga dibawa AHY Foundation beserta bantuan makanan lainnya. Dengan perahu karet, AHY membagikan paket-paket sembako kepada warga yang masih bertahan tinggal di rumah-rumah mereka meskipun banjir.

Selain menyerahkan bantuan berupa beras, gula pasir, minyak goreng, dan air putih, AHY juga memberikan dukungan moril kepada warga korban banjir.

“Bu, saya ngga bawa banyak, semoga bermanfaat ya,” kata AHY.

“Terima kasih banyak Mas Aguuuuss,” balas para warga yang berdiri di pinggiran rumah sambil mengurus barang-barang mereka yang tergenang.

Usai menyerahkan bantuan langsung kepada warga di sana, AHY diajak melihat titik awal masuknya air ke perumahan warga. Melewati gang sempit dan jalanan yang licin, ditemani Yuda salah satu pengurus RW 11 Bidara Cina, mereka meninjau lokasi tersebut.

“Ini dari kapan Pak banjirnya?” tanya AHY.

“Sudah dari jam dua pagi ini banjirnya,” jelas Yuda. Yuda juga menjelaskan bahwa tempat ini memang sudah menjadi lokasi yang rawan banjir.

“Saya mendoakan semoga segera surut dan masyarakat sehat ya,” AHY menyemangati.

Melihat langsung kesulitan para korban banjir, AHY mengimbau agar masyarakat Indonesia juga dapat saling tolong menolong dan mengulurkan bantuannya kepada para warga yang terkena dampak banjir.

“Kita semua harus tabah sebagai warga menghadapi ini. Tentunya kita harus bergandengan tangan dan berkerjasama membantu masyarakat yang terkena dampak bencana,” kata AHY.

Selanjutnya, AHY meninjau balai RPTRA (Ruang Publik Terpadu Taman Anak) yang menjadi tempat pengungsian dan posko bantuan. Mewakili AHY Foundation, AHY secara simbolis memberikan bantuan tersebut kepada Febri, pengurus RPTRA dan Yusril Effendi perwakilan pengurus RW 07 Bidara Cina.

“Semoga bantuan ini bermanfaat ya. Semoga para warga bisa kembali ke rumahnya, beresberes. Yang penting sehat Bu warganya. Semoga bisa kembali ke tempat masing-masing,” doa AHY.

Para warga sangat mengapresiasi kedatangan AHY dan bantuan yang diberikan.

“Saya sangat bersyukur dan terimakasih atas perhatian beliau. Semoga beliau diberikan umur panjang, sehat, dan sukses selalu,” ujar Yusril (72 tahun).

Selain menyapa para korban banjir, AHY juga bertemu dan menyemangati para relawan yang membantu warga di sana, salah satunya adalah relawan ACT (Aksi Cepat Tanggap). Bahkan beberapa relawan juga ikut bersama AHY membagi-bagikan bantuan kepada warga.

(theyudhoyonoinstitute/dik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*