AHY: Khadijah dan Kartini Panutan Tepat bagi Muslimah Pengusaha

Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute (TYI), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), didampingi sang istri, Annisa Pohan menyerahkan buku karya terbaru Ibu Negara RI ke-6 (2004-2014) Ani Yudhoyono berjudul “Berkebaya ala Ani Yudhoyono” kepada Ketua Umum IPEMI Ingrid Kansil. Buku tersebut diserahkan saat AHY dan Annisa menghadiri Rakernas dan Tasyakur Milad III IPEMI (Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia), Minggu (6/5) malam. (Foto: twitter/@SeputarAHY)

Jakarta: Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute (TYI), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), didampingi sang istri, Annisa Pohan  menghadiri Rakernas dan Tasyakur Milad III IPEMI (Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia, Minggu (6/5) malam.

Melihat banyaknya pengusaha muslimah yang hadir malam itu, AHY teringat kepada Khadijah radhiyallahu anha, istri Nabi Muhammad SAW, dan Raden Adjeng Kartini, pahlawan nasional serta pelopor kebangkitan perempuan di Indonesia.

“Kalau berbicara soal pengusaha dan muslimah, tentu kita semua teringat dengan Khadijah radhiyallahu anha, istri tercinta Nabi Muhammad SAW yang juga adalah pengusaha sukses di Mekah ketika itu. Beliau adalah seorang pengusaha yang luar biasa, tangguh, hebat, dan peduli,” AHY menegaskan.

IPEMI berdiri 21 April 2015, sebuah organisasi kemasyarakatan yang dibentuk dan didirikan untuk meningkatkan peran serta kontribusi muslimah pengusaha dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat, menuju kemandirian ekonomi berkepribadian Indonesia yang berakhlakul karimah.

Ririn, selaku Ketua Bidang Organisasi IPEMI dan Rahma Yuli Saleh, selaku Ketua Bidang Pendidikan Diklat IPEMI menjelaskan bahwa IPEMI telah melaksanakan berbagai penyuluhan dalam mempersiapkan muslimah-muslimah yang ingin mengembangkan UMKMnya.

“Kami dari diklat akan membuat pelatihan nasional. Misal, bagaimana jadi UKM yang bagus agar produknya bisa laku di lingkup nasional dan mancanegara,” ujar Rahma.

Di acara tersebut dipamerkan produk UMKM IPEMI, spt aksesoris, aneka ragam kuliner, batik, serta berbagai ragam alat kecantikan.

Sebelum meninggalkan acara, AHY dan Annisa juga menyaksikan pertunjukan fashion show dari para Muslimah IPEMI yang tampil percaya diri dengan kostum khas daerahnya masing-masing.

Sebagai simbol apresiasi AHY terhadap kaum perempuan, AHY juga menyerahkan buku karya terbaru Ibu Negara RI ke-6 (2004-2014) Ani Yudhoyono berjudul “Berkebaya ala Ani Yudhoyono” kepada Ketua Umum IPEMI Ingrid Kansil.

AHY berharap buku tersebut dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia agar bangga mengenakan kebaya Indonesia di mana pun berada. Buku itu juga menampilkan cerita perjalanan Ani Yudhoyono dengan kebaya kebanggaan yang ia kenakan dalam berbagai forum internasional yang ia hadiri.

Turut menghadiri acara Rakernas IPEMI III diantaranya, Sekjen IPEMI Nurwahidah Saleh, Pendiri dan Penasihat IPEMI Luthfi, Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Syarief Hasan dan Verna Inkiriwang.

(@SeputarAHY/dik)