Benny K Harman Dapat Pembekalan dari Leluhur

Pasangan Cagub-Cawagub NTT Benny K Harman-Benny Litelnoni, yang diusung Partai Demokrat, PKS dan PKPI, melakukan ritual adat bernama ” Wuat Wai”. (Foto: DPD-PD NTT)

Manggarai, NTT: Berbagai cara berbeda dilakukan para calon menghadapi pemilihan kepala daerah. Seperti yang dilakukan calon Gubernur NTT pasangan Benny K Harman dan Benny Litelnoni. Calon yang diusung Partai Demokrat, PKS dan PKPI ini melakukan ritual adat bernama ” Wuat Wai”.

Ritual ” Wuat Wai” adalah salah satu ritual pebekalan dari leluhur. Dimana ritual tersebut sering dilakukan masyarakat Manggarai setiap kali melakukan kegiatan baik pernikahaan, termasuk kegiatan besar sepeti keinginannya maju di pilkada. Dalam ritual disediakan ayam putih, air, arak.

Karena itu Benny K Harman sebagai putra asli Manggarai yang ikut maju sebagai cagub diberikan pembekalan oleh leluhur melalui ritual adat. Acara ritual yang berlangsung di Kabupaten Manggarai dihadiri ribuan masyarakat dari berbagai daerah.  Saat tiba pasangan cagub disambut tokoh adat.

Masyarakat yang hadir kompak mengenakan busana adat. Terlihat pula para tokoh seperti Jefri Riwu Kore selaku Ketua DPD Partai Demokrat NTT yang juga Ketua Koalisi, para tokoh adat dan pemuda. Seperti dikatakan Ketua Koalisi Jerfry Riwu Kore bahwa ritual adat yang dilakukan pasangan cagub sebagai keiklhasan masyarakat Manggarai menyerahkan Benny K Harman maju sebagai Cagub NTT.

“Jadi tidak hanya Partai Demokrat yang ikhlas dan rela kader terbaik untuk maju sebagai cagub, bahkan masyarakat Manggarai juga harus merelakan Pak Benny maju sebagi cagub. Semoga dengan profesi ritual adat pasangan cagub dapat restu dari leluhur untuk menghadapi pilgub, dan memenangkan pasangan Benny K Harman- Benny Litelnoni,” tegas Jefry.

Jefry yang menjabat Walikota Kupang menyebutkan bahwa deklarasi pasangan cagub berbeda dengan pasangan cagub lainnya.

“Pasangan calon bukan seperti deklarasi yang sudah-sudah, namun kita lebih melakukan ritual adat. Ritual adat bagaimana perutusan kepada leluhur untuk maju sebagai cagub,” kata mantan anggota DPR RI ini.

“Kita meminta kepada leluhur agar pasangan disukseskan niatnya maju sebagai cagub NTT 2018. Karena Manggarai aralah tanah kelahirannya, sehingga pas betul bilamana pasangan Benny mendapatkan bekal dari leluhur,” jelasnya.

Sementara itu Benny K Harman menyambut baik dan berterimakasih kepada ribuan masyarakat yang hadir pada kegiatan ritual ada tersebut. Dirinya juga berkeyakinan masyarakat Manggarai dapat kompak berjuang memenangkan pasangan Benny K Harman dan Benny Litelnoni.

“Adanya kekompakan bukti bahwa masyarakat berharap ada perubahan di NTT. Harapan tersebut tentunya kita berjuang agar pasangan Benny bisa meraih kemenangan,” ujarnya.

(wawan/dik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.