Cetak Sejarah, Ferry Wahyu Tembus Final Equestrian Asian Games 2018

Atlet berkuda Indonesia, Ferry Wahyu Hadiyanto bersama kudanya bernama Faults Free (milik pelatihnya Adinda Yuanita Harsya) sukses menembus babak final cabang equestrian Asian Games 2018. (Ist/Adinda Harsya)

Jakarta: Atlet berkuda Indonesia, Ferry Wahyu Hadiyanto bersama kudanya bernama Faults Free sukses menembus babak final cabang equestrian Asian Games 2018. Pada babak semifinal di Jakarta International Equestrian Park, Jakarta Timur, Selasa (28/8), Ferry menempati peringkat kedua pada nomor show jumping individual.

“Saya senang lolos ke final, karena selama ini kita susah bisa tembus ke final. Ini sejarah, apalagi pesaingnya sangat berat dan tangguh, khususnya kuda-kuda dari Arab Saudi yang tampil luar biasa,” ujarnya seusai laga.

Pada babak final yang berlangsung, Kamis (30/8), Ferry yang menunggangi kuda dari klub Equinara, milik Adinda Yuanita, akan menantang atlet Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Qatar, Kuwait, dan Jepang.

“Saya tampil tak ada beban, tetapi saya siap mengamankan medali dan akan tampil maksimal. Mohon doa dan dukungannya,” ujar Ferry.

Sementara, Adinda Yuanita Harsya (istri Anggota Fraksi Demokrat DPR-RI), selaku pelatih sekaligus pemilik kuda klub Equinara mengatakan, hasil yang dicapai Ferry menjadi sejarah baru sejak Asian Games pertama kali digelar di India pada 1954.

“Hasil ini cukup menggembirakan, karena untuk pertama kalinya atlet berkuda Indonesia lolos ke final Asian Games. Kita tak sia-sia uji coba ke Jerman dan Belanda,” ujar Adinda, yang juga Ketua Umum Klub Equinara.

Cabang equestrian diikuti 68 atlet dari 16 negara. Sebelumnya, atlet putri Indonesia, Larasati Gading gagal mempersembahkan medali di nomor tunggang serasi Individu.

(Suara Pembaruan/dik)