Dari Pacitan, AHY Jenguk Pengungsi Wonogiri

Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute (TYI) Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY membantu dan menjenguk pengungsi korban banjir di Balai Desa Dlepih, Tirtomoyo, Wonogiri, Jawa Tengah, Jumat (1/12) pagi. (Foto: Foto Imelda Sari)

Wonogiri: Fisik, stamina, dan moralitas Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute (TYI) Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY layak dipuji. Demi misi kemanusiaan, bagai tak mengenal lelah, AHY yang baru saja menjenguk pengungsi korban banjir Pacitan, telah berada di Balai Desa Dlepih, Tirtomoyo, Wonogiri, Jawa Tengah, Jumat (1/12) pagi.

Kedatangan AHY bersama Ketua DPD Jateng Partai Demokrat Rinto Subekti dan Ketua DPC Wonogiri Tety Indarti untuk memberikan bantuan sembako sebanyak 1200 paket kepada Kepala Desa Dlepih Sutarmo untuk diteruskan ke warga.

AHY menyampaikan, kedatangannya untuk memberikan bantuan dan turut berduka atas musibah yang menimpa warga korban banjir dan longsor di Wonogiri.

Saat ini ada 1.142 pengungsi dari tiga dusun yang ditampung di Balai Desa Dlepih, Tirtomoyo, Wonogiri. Di  Desa Dlepih ada 2 orang yang meninggal dunia dan 4 rumah hancur akibat longsor.

“Saya baru datang dari Pacitan.  Di sana, saya bersama dengan keluarga, Pak SBY; Ibu Ani; dan Mas Ibas mengunjungi para pengungsi serta lokasi banjir dan tanah longsor. Saya mengapresiasi  langkah-langkah tanggap darurat yang dilakukan pemerintah daerah, baik kabupaten dan provinsi. Saya juga meyakini pemerintah pusat segera memberikan bantuan,” AHY mengapresiasi kinerja pemerintah.

AHY juga memuji kesigapan satgas bencana yang dibentuk pemerintah, serta upaya maksimal kalangan TNI-Polri serta Badan Penanggulangan Bencana Pusat dan Daerah dalam mengatasi dampak bencana di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

“Kedatangan saya ke Wonogiri untuk membantu para korban banjir dan longsor dan menyapa lebih dari 1.100 warga yang masih diungsikan di tempat ini,” ujar AHY.

Pemimpin nasional mendatang itu juga mengapresiasi langkah-langkah para kader Demokrat dan komunitas lainnya, termasuk Tim Rajawali Tanggap Bencana (Ragana) yang berada di bawah kendali Divisi Tanggap Darurat DPP-PD (dipimpin Umar Arsal).

Saat ini di lokasi pengungsian telah tiba bantuan dari Dinsos Wonogiri berupa Dapur umum. Sementara BNPB telah mendirikan Puskemas Darurat. Tampak pula Tim SAR dan Pramuka yang membantu para pengugsi.

AHY memuji semua pihak yang membantu para warga sakit dan lansia, juga anak-anak kecil dan balita. Lewat perhatian itu maka anak-anak kecil dan balita tentu bisa terhindar dari sakit di lokasi pengungsian.

(didik l pambudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.