Debut di SEA Games, Timnas Rugbi Langsung Bidik Medali

Ketua Umum Persatuan Rugby Union Indonesia (yang juga Sekretaris FPD DPR-RI) Didik Mukrianto memberi arahan pada Timnas Rugbi Indonesia di Hotel Max One Sabtu (29/7/2017) malam. Meski masih debutan di Sea Games, Timnas Rugbi bertekad meraih medali di ajang tersebut. (dokpri)

Jakarta: Timnas Rugbi Sevens Putra Indonesia akhirnya diperkenalkan jelang SEA Games 2017 Kuala Lumpur. Meski ajang debut, namun Indonesia bertekad memberikan prestasi terbaik di sana.

Ketua Umum Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI) Didik Mukrianto membuka langsung peluncuran skuat timnas. Didik, yang juga Sekretaris Fraksi Partai Demokrat DPR-RI, berharap satu medali bisa dibawa pulang pemainnya dari nomor rugbi 7s putra.

“Rugbi baru dapat SK KONI untuk menjadi wakil dalam ajang internasional mewakili indonesia Mei ini. Saatnya sekarang memperhitungkan konsistensi rugbi,” kata Didik usai acara di Hotel Max One Sabtu (29/7/2017) malam.

Peluncuran skuat Rhinos– julukan timnas rugbi sekaligus pelepasan mereka yang akan berangkat ke Fiji untuk pemusatan latihan (TC). Nanda Septian dan kawan-kawan berangkat Minggu (30/7/2017) untuk latihan selama 10 hari.

Mereka juga akan mengikuti kejuaraan uji coba di Fiji menjelang pertandingan SEA Games 2017 yang akan berlangsung di Selagor, Malaysia pada 19-20 Agustus.

Meski jadi olahraga yang baru berkembang, Didik bersyukur fasilitas dan dukungan sudah diberikan pemerintah lewat Satlak PRIMA. Sebab dalam dua tahun terturut-turut timnas rugbi ikut dalam kejuaraan internasional sebagai bukti eksistensi.

“Kepada pemain jangan sia-siakan kepercayaan ini. Kalian harus mampu mengharumkam nama bangsa dan medali tentu jadi harapan kita semuanya,” ujar Ketua Departemen Penegakkan Hukum, Perudang-Undangan dan HAM DPP Partai Demokrat tersebut.

Ketua Umum Persatuan Rugby Union Indonesia (yang juga Sekretaris FPD DPR-RI) Didik Mukrianto foto bersama Pengurus dan Pemain Timnas Rugbi Indonesia di Hotel Max One Sabtu (29/7/2017) malam. Meski masih debutan di Sea Games, Timnas Rugbi bertekad meraih medali di ajang tersebut. (dokpri)

Dalam kesempatan yang sama manajer timnas rugbi putra Tito Vau menerangkan peta persaingan di babak penyisihan SEA Games. Indonesia akan menghadapi negara kuat seperti Thailand, Laos, dan Filipina di putaran pertama.

“Rata-rata semua tim di ASEAN sudah jauh di atas kita. Tapi kami optimis bisa memenangkan dua pertandingan di grup sehingga lolos putaran penyisihan. Setelah itu baru kita bicara mental,” ucap Tito.

“Terkuat saat ini Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand. Tapi kita pernah imbang dengan Singapura di Kejuaraan Rugbi Asia Tenggara awal tahun. Dengan demikian anak-anak pasti bisa berbicara banyak,” katanya.

Atlet Tim Nasional Rugby Indonesia, Nanda Septian Oloan Siregar mengatakan 12 atlet rugby Indonesia yang akan mengikuti SEA Games Malaysia akan mempelajari pengalaman bermain dari Tim Rugby Fiji yang meraih medali emas Olimpiade 2016.

“Kami sudah pernah bertanding dengan tim-tim Asia Tenggara di Singapura pada April. Kami masih kalah dari Filipina. Tapi, kami tetap belajar dan berusaha mengejar ketertinggalan kami,” ujar Nanda.

Tim Nasional Rugby Indonesia, lanjut Nanda, mempelajari kekurangan pola permainan sendiri dan menganalisa permainan lawan dari rekaman video pertandingan.

Ketua Umum Persatuan Rugby Union Indonesia (yang juga Sekretaris FPD DPR-RI) Didik Mukrianto menjawab pertanyaan pers di Hotel Max One Sabtu (29/7/2017) malam. Meski masih debutan di Sea Games, Timnas Rugbi bertekad meraih medali di ajang tersebut. (dokpri)

“Kami harus menguatkan mental bertanding karena kami berada satu grup bersama tim Thailand, Laos, dan Filipina dalam SEA Games nanti,” ujar Nanda.

Tim nasional rugby Indonesia memboyong 16 pemain untuk SEA Games 2017. Para pemain yang terpilih merupakan yang terbaik setelah PB PRUI melakukan scouting ke seluruh wilayah Indonesia selama dua tahun.

Selain itu, para pemain yang terpilih untuk ajang SEA Games 2017 ini merupakan skuat yang pernah mewakili Indonesia dalam ajang Asian Rugby Seven Series (A7S) di Malaysia dan Hong Kong sejak 2013 hingga 2017.

Daftar Lengkap Pemain Tim Nasional Rugby Indonesia:

  1. Yohanes Musi Uran
  2. Agus Maulana S
  3. Muhammad Yacob
  4. Muhammad Rifaldi
  5. Asmuri
  6. buidan Abdurhman
  7. Tri Aji Utomo
  8. Aris Triyanto
  9. Christopher Aditya
  10. Nanda Septian Siregar
  11. Andika Yudistira
  12. Andre Fiksi Gumilang
  13. Atlantica Ruju Vau
  14. Iswhyudi
  15. Bahrul Arifudin
  16. Rendy Yusuf

(antara/bola/liputan6/dik)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.