Demi Menang di Jawa Timur, SBY Safari Politik 5 Hari di 3 Kabupaten

Foto bersama Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Ibu Ani Yudhoyono, Gubernur Jatim Soekarwo beserta istri, dan Cawagub Jatim Emil Elestianto Dardak. (foto: SBY Team)

Oleh: Ferdinand Hutahaean*)

Tahapan Pilkada Serentak di 171 daerah telah memasuki tahap sosialisasi atau kampanye tertutup.

Partai Demokrat khususnya di Jawa Timur menargetkan kemenangan besar baik Pilkada Gubernur maupun Pilkada Kabupaten/Kota. Dalam rangka itu, Susilo Bambang Yudhoyono, Ketua Umum Partai Demokrat, didampingi Ibu Ani menyambangi Jawa Timur untuk safari politik pemenangan pilkada selama 5 hari terhitung 23-28 Pebruari 2018. SBY ingin menang besar di Jawa Timur, maka sangat perlu untuk menyambangi rakyat pemilik suara. SBY ingin bangkitkan kembali kejayaan Partai Demokrat yang pernah memuncaki perolehan suara nasional Pemilu 2009 lalu.

Di Jawa Timur sendiri, Partai Demokrat berhasil memimpin sebagai Gubernur 10 tahun terakhir. Soekarwo atau Pakde Karwo adalah Gubernur Jatim 2 periode yang adalah Ketua Umum DPD Demokrat Jatim. Kepemimpinan itu ingin diteruskan di Jatim dengan mendukung Khofifah Indar Parawansa yang berpasangan dengan Emil Elestianto Dardak di Pilkada Gubernur Jatim.

“Insya Allah pasangan Khofifah-Emil menang,” begitu SBY berdoa dan menyampaikan harapannya saat tiba di Bandar Udara Internasional Juanda, di Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo.

Selain itu, SBY juga akan mengunjungi 3 kabupaten di Jawa Timur, yaitu Tulung Agung, Madiun dan Magetan.

Di Tulung Agung, Demokrat mengusung Margiono berpasangan dengan Eko Prisdianto. Margiono adalah Ketua Persatuan Wartawan Indonesia yang mendapat dukungan dari Demokrat.

Sementara itu di Madiun, Demokrat mengusung pasangan Ahmad Dawawi yang merupakan Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Madiun dan Hari Wuryanto. Dan di Magetan, Demokrat mengusung pasangan Prawoto dan Nanik Endang Rusminiarti.

Safari politik ini yang pasti tujuannya adalah untuk memenangkan calon calon kepala daerah yang diusung Demokrat dan tentu untuk pemenangan Partai Demokrat 2019 nanti. Dalam rangka itu, SBY akan turun dan menyambangi wilayah-wilayah pilkada pada masa kampanye.

Demokrat yang mendapat nomor urut 14 mengusung tag line Demokrat S14P (SIAP), maka SBY juga ingin memastikan bahwa jajaran Pengurus Daerah Demokrat siap memenangkan pesta demokrasi ini.

Surabaya, 24 Pebruari 2018

*)Kadiv Advokasi dan Bantuan Hukum DPP-PD; Komunikator Politik Partai Demokrat