Hari Kartana Blusukan Sosialisasi 4 Pilar Ke Sekolah

Anggota Fraksi Partai Demokrat (FPD) DPR RI, Hari Kartana ketika melakukan empat pilar kebangsaan di SMK Putra Bangsa, Cibening Setu, Bekasi, Rabu (7/6).

Bekasi: Anggota  Fraksi Partai Demokrat (FPD) DPR RI, Hari Kartana turun melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan di sejumlah sekolah. Acara sosialisasi itu diikuti ratusan siswa seperti yang terlihat di SMK Putra Bangsa, Cibening Setu, Bekasi, Rabu (7/6).

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, legislator Demokrat ini menyampaikan pentingnya menanamkan nilai 4 pilar bagi kalangan siswa.

“Saat ini kita berada pada era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Banyak tantangan yang dihadapi generasi muda kita makanya perlu pembekalan semangat integrasi melalui sosialisasi 4 pilar kebangsaan ini,” ujar Anggota Komisi II DPR RI itu.

Dengan memahami nilai yang terkandung dalam 4 pilar kebangsaan, generasi muda, terutama kalangan siswa tidak akan terpengaruh pola hidup yang negatif seperti narkoba.

“Melalui sosialisasi 4 pilar kebangsaan ini, saya berharap para siswa lebih aktif pada kegiatan positif dan tidak terpengaruh godaan narkoba,” ujarnya.

Selain itu, Agar pemahaman bangsa Indonesia terhadap Pancasila lebih baik sekaligus pembentukan karakter dan moral juga lebih baik, maka sebaiknya materi sosialisasi Empat Pilar dijadikan mata pelajaran di sekolah, sehingga dapat diajarkan kepada bangsa Indonesia sejak sedini mungkin.

Ia menegaskan mata pelajaran dengan materi empat pilar di sekolah akan memberikan pendidikan moral serta pembentukan karakter yang Pancasilais kepada bangsa Indonesia.

Menurutnya, berdasarkan amanah UU No 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, DPRD (MD3), MPR RI memiliki kewenangan untuk melakukan sosialisasi empat pilar untuk pembentukan karakter bangsa.

Lanjutnya, nilai-nilai 4 pilar yang semestinya menjadi benteng kedaulatan dan keutuhan untuk generasi mendatang saat ini sudah mulai lemah. Terbukti banyak generasi bangsa (pelajar) sangat minim memahami nilai-nilai 4 pilar tersebut.

“Banyak pelajar sudah tidak lagi memahami bahkan mengenal  4 pilar kebangsaan seperti Pancasila, NKRI, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika. Banyak dari mereka bahkan sudah tidak hafal lagi sila-sila dalam pancasila. Tentu ini menjadi perhatian kami sebagai Wakil Rakyat karena mereka adalah generasi penerus bangsa,” katanya mengisi acara sosialisasi. (Sumber : kabarindonesia.com/Tim Media FPD )


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.