Ketua Demokrat Jepara Gelar Lomba Catur

Ketua Demokrat Jepara M Latifun menggelar lomba catur Kang Latifun Cup diikuti 98 atlet. (Ist)

Mlonggo, Jepara: Sebanyak 98 peserta antusias mengikuti lomba catur pada Minggu (19/8) lalu. Lomba catur bertajuk Kang Latifun Cup I Kabupaten Jepara itu digelar di halaman PT. Damish Dinamis Utomo, Sinanggul, Mlonggo Jepara.

Kejuaraan itu digelar dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke 73 Republik Indonesia.

Berderet belasan meja untuk para peserta. Tiap meja diisi enam peserta yang bertanding. Penentuan juara dalam kejuaraan catur tersebut menggunakan sistem catur cepat Swiss Manajer 2018.

Dari 98 peserta, diambil Juara 1 hingga 20. Juara 1 sampai 3 mendapatkan hadiah uang pembinaan dan trofi. Sedangkan juara 4 sampai 20 hanya mendapatkan hadiah uang pembinaan.

Ke-98 peserta merupakan perwakilan dari seluruh kecamatan se-Kabupaten Jepara.
Sebagai Juara pertama Ansory dari Kecamatan Jepara. Kedua Arif Kancil dari Kecamatan Kembang dan ketiga Budi dari Kecamatan Welahan.

Inisiator kejuaraan catur, M. Latifun yang merupakan Ketua DPC Demokrat Jepara mengatakan bahwa dengan terselenggaranya kegiatan tersebut diharapkan muncul atlet-atlet catur di Kota Ukir.

“Selain itu juga sebagai wadah penjaringan altet catur muda sehingga atlet muda catur di Jepara bermunculan. Karena dalam Asian Games 2018 ini, atlet catur yang dikirimkan dalam kontingen Indonesia ini usianya tergolong tua,” ujarnya.

Melalui kejuaraan catur juga, Latifun berharap pembinaan olahraga catur tetap berjalan. Atlet catur membutuhkan jam terbang dengan berkompetisi. Sedangkan wadah untuk berkompetisi sangat terbatas. Kejuaraan tingkat kabupaten tersebut menggratiskan bagi peserta yang berasal dari Kecamatan Bangsri, Mlonggo, dan Pakis Aji.

“Kejuaraan seperti ini semoga tidak hanya digelar setahun sekali. Secara berkelanjutan dan berkesinambungan kejuaraan catur harus eksis. Supaya ada tempat bagi atlet catur berkompetisi,” tandasnya.

(Rilis/dik)