Ketua Umum KNPI: Mengeluarkan Daftar RS, KPU Belum Mengenal Indonesia

Ketua Umum KNPI M Rifai Darus (google)

Surat Edaran (SE) KPU No 627 mencantumkan list Rumah Sakit (RS) yang menjadi rujukan untuk pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani dan narkoba ternyata menunjukkan bahwa KPU tidak mengenal dan mengetahui kondisi geografis Indonesia.

Sangat disayangkan dengan batas waktu yang singkat untuk proses pendaftaran Bakal Calon Legislatif baik DPR/DPD/DPRD, KPU melakukan sebuah tindakan yang sangat merugikan putra/putri terbaik bangsa ini untuk mencalonkan dirinya dalam pemilu 2019.

Dengan keluarnya SE tersebut dan keadaan riil di lapangan menandakan bahwa KPU masih belum paham tentang Indonesia.

Di beberapa provinsi, dari list RS yang dikeluarkan tidak semuanya milik pemerintah sebagaimana yang diamanatkan UU RI no 7 Tahun 2017. Di samping itu, keberadaan RS yang dirujuk memiliki kendala geografis antar kabupaten/kota. Di samping itu pula kemampuan RSUD dalam melakukan pemeriksaan juga mengalami kendala peralatan, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, KNPI meminta agar KPU mencabut SE tersebut, khususnya tentang daftar rujukan RS. Biarlah semua berjalan sesuai UU RI No 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum, sehingga RS Daerah termasuk milik TNI/Polri dapat menjadi bagian yang telah beroperasi di seluruh kab/Kota seindonesia.

Semoga Pemilu 2019 berjalan dengan gembira sebagai pesta demokrasi Rakyat Indonesia.

(Rilis/dik)