Love, Share, dan Care, Tiga Rahasia Harmonis SBY dan Ani Yudhoyono

Presiden RI ke-6, Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), mengungkapkan rahasia keharmonisan rumah tangga bersama Ani Yudhoyono, kala berdialog dengan warga Kota Tangerang dalam lawatan Tour de Banten, Senin (23/4/2018) malam. (Foto: DPP-PD)

Tangerang: Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), mengungkapkan rahasia keharmonisan rumah tangga bersama Ani Yudhoyono, kala berdialog dengan warga Kota Tangerang dalam lawatan Tour de Banten, Senin (23/4/2018) malam.

Rahasia tersebut diungkapkan SBY menjawab pertanyaan seorang warga yang mengaku sangat kagum dengan keharmonisan rumah tangga SBY dengan Ani, meski sudah memasuki usia perkawinan 42 tahun.

“Love, share, and care. Ini rahasianya. Kasih sayang, saling mencintai. Tak ada yang lebih kuat, lebih tinggi, dan lebih penting dari itu,” kata Ketua Umum Partai Demokrat itu disambut keriuhan ratusan warga.

Rahasia kedua, kata SBY, adalah share, saling berbagi dan mengisi.

“Dalam kehidupan sehari-hari, dalam mengambil keputusan, menentukan sesuatu, sebaiknya ya bersama-sama. Jangan yang satu otoriter, terlalu dominan, yang satunya tak punya peran apa-apa,” terangnya.

Menurut SBY, sharing itu juga bukan saling menang-menangan. “Ada kalanya Ibu Ani yang ngalah, jangan disuruh suami ngalah terus. Begitu sebaliknya, jangan istrinya mau menang terus,” candanya.

SBY mengibaratkan, dalam rumah tangga berat harus sama-sama dipikul, ringan sama-sama dijinjing.

“Jangan begini, ringan sama dijinjing, berat lu yang bawa,” timpal Ani, yang kembali memancing gelak tawa warga.

Terakhir, kata dia adalah care, dalam artian saling menjaga. Menunjukkan kepedulian terhadap satu sama lain.

“Setiap rumah tangga itu pasti akan ada bertengkarnya. Ada ketidakcocokkannya. Tapi jika tiga resep ini dijalankan, Insya Allah bisa bahagia,” sebutnya.

SBY menambahkan, selain ketiga hal tersebut, tentu juga sangat diperlukan doa kepada Tuhan.

“Supaya Allah memberikan kita kebahagiaan, hubungan yang langgeng dan selalu harmonis,” pungkasnya.

(rilis/dik)