Musda dan Muscab III se-Gorontalo: Bermufakatlah karena Demokrat adalah Partai Terhormat

Ketua BPOKK DPP-PD Jenderal TNI (Purn) Pramono Edhie Wibowo didampingi Ketua DPD-PD Gorontalo Dr H Gusnar Ismail memukul gong sebanyak tujuh kali sebagai pertanda dibukanya Musda DPD-PD Gorontalo dan Muscab Serentak se-Gorontalo di Grand Q Hotel, Jalan Nani Wartabone No.25, Kota Gorontalo, Minggu (30/7/2017). (MCPD/Kardi)

Gorontalo: “Musyawarah Daerah (Musda) III Partai Demokrat sudah memasuki yang ke-23 dan telah pula dilaksanakan 190 Musyawarah Cabang (Muscab), dari total 514 kabupaten/kota yang ada di Indonesia. Hari ini saya harus menyelesaikan Musda di Provinsi Gorontalo yang disusul pelasanaan 6 Muscab DPC-PD se-Gorontalo.”

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Badan Pembinaan Organisasi Keanggotaan dan Kaderisasi Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat (BPOKK DPP-PD) Jenderal TNI (Purn) Pramono Edhie Wibowo. Ia menyampaikannya  saat memberi sambutan dan pengarahan dalam pembukaan Musda III Partai Demokrat Gorontalo dan Muscab Serentak yang diikuti 6 DPC-PD Kota/Kabupaten se-Gorontalo, di Grand Q Hotel, Jalan Nani Wartabone No.25, Kota Gorontalo, Minggu (30/7/2017) pukul 20.20 Wita.

Mantan Kepala Staf TNI AD tersebut menambahkan, selama pelaksanaan Musda dan Muscab tidak ada kericuhan dan debat kusir. Pramono Edhie selalu mengedepankan agar semua hal dimusyawarahkan untuk mufakat. Ini disebabkan Partai Demokrat adalah partai terhormat yang memiliki kader cerdas, bersih, dan santun.

“Kalah dan menang, puas dan tidak puas adalah hal biasa. Dalam pertandingan itu adalah hal biasa. Maka dari itu, musda dan muscab agar dimusyawarahkan. Mari kita selesaikan musda yang disusul muscab serentak ini dengan etika. Kalau terpilih jadilah pemimpin yang baik hati, jangan sesuka hati,” ujar Pramono Edhie dalam sambutannya sebelum membuka Musda III Partai Demokrat Gorontalo.

Pramono Edhie juga menyampaikan salam dari Ketua Umum Partai Demokrat Prof Dr Susilo Bambang Yudhoyono kepada seluruk kader Demokrat di Gorontalo.

Usai memberi pengarahan, Pramono Edhie didampingi Ketua DPD-PD Gorontalo Dr. Ir. H. Gusnar Ismail, MM,  beserta jajarannya dan para Ketua DPC-PD yang akan melaksanakan Musda dan Muscab III, memukul gong sebanyak tujuh kali. Hal itu sebagai pertanda dibukanya Musda DPD-PD Gorontalo dan Muscab Serentak se-Gorontalo.

Di tempat sama Gusnar Ismail menyampaikan agar seluruh simpatisan dan kader  Partai Demokrat di Gorontalo memberikan dukungan penuh atas terselenggaranya Musda dan  Muscab Partai Demokrat se-Gorontalo yang diikuti DPC-PD Kab. Gorontalo, Kab. Boalemo, Kab. Bone Bolango, Kab. Pahuwato, Kab. Gorontalo Utara dan Kota Gorontalo.

“Musda dan Muscab ini merupakan ajang bagi kita semua untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja organisasi kurang lebih lima tahun, khususnya kepengurusan DPD-PD Gorontalo periode 2010 s/d 2015. Karena kepentingan pelaksanaan Pemilihan Gubernur Gorontalo 2017 maka SK kami di perpanjang Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal. Alhamdulilah perpanjangan itu menghasilkan pasanga Guberur dan Wakil Gubernur Provinsi Gorontalo yaitu Bapak Rusli Habibie dan Idris Rahim,” ujar Gusnar Ismail.

Musda, ujar Gusnar Ismail,  merupakan kesempatan bagi kita memproyeksikan kinerja, arah dan tujuan yang kita ingin capai lima tahun ke depan. Di Provinsi Gorontalo terdapat beberapa agenda politik dan kesejahteraan rakyat yang harus disukseskan Partai Demokrat. Para kader hendaknya  berkoordinasi dengan para pimpinan daerah untuk bahu membahu membangun daerah masing-masing.

Ketua BPOKK DPP-PD Jenderal TNI (Purn) Pramono Edhie Wibowo dan para kader menyanyikan Mars Partai Demokrat, sementara para undangan ikut berdiri, saat Pembukaan Musda DPD-PD Gorontalo dan Muscab Serentak se-Gorontalo di Grand Q Hotel, Jalan Nani Wartabone No.25, Kota Gorontalo, Minggu (30/7/2017). (MCPD/Kardi)

Beberapa agenda politik di depan mata, pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo pada 2018. Saat ini Partai Demokrat di Kota Gorontalo memiliki empat kursi DPRD bersama Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional. Juga Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Gorontalo Utara. Di kabupaten ini, Partai Demokrat memiliki dua kursi parlemen. Yang terpenting adalah meningkatkan perolehan suara di tingkat DPRD Kabupaten/Kota dan DPRD Provinsi Gorontalo pada Pemilu 2019.

Gusnar Ismail mengucapkan terimakasih pada semua pihak atas terselenggaranya upacara pembukaan Musda III dan Muscab III se-Gorontalo. Ia berharap kebersamaan ini melahirkan kesejahteraan bagi masyarakat Gorontalo, apalagi ia dan Gubernur Gorontalo sudah meletakkan demokrasi yang baik di Gorontalo.

Di tempat yang sama Wakil Gubernur Gorontalo DR. Drs H. Idris Rahim, MM nenyampaikan ucapan selamat pada Partai Demokrat Provinsi Gorontalo atas dilaksanakannya  Musda III dan Muscab III se-Gorontalo.

Musda dan Muscab, kata Idris, merupakan kebutuhan organisasi sehingga menjadi organisasi yang dinamis.Musda dan Muscab adalah evaluasi sudah sampai sejauh mana Partai Demokrat melaksanakan program-programnya selama lima tahun. Selanjutnya bagaimana menyusun program dan memilih pengurus Partai Demokrat di Gorontalo.

Ia juga  mengapresiasi karena Partai Demokrat, baik di provinsi maupun kabupaten kota, sangat berkontribusi dalam penyelenggaraan pembangunan dan kemasyarakatan. Tanpa kontribusi itu pasti pembangunan dan kemasyarakatan tidak mungkin lancar.

Ia berharap, Partai Demokrat tetap menyusun program yang bersinirgi dengan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota sehingga Gorontalo semakin maju. Selama lima tahun memimpin Gorontalo, Rusli Habibie dan Idris Rahim telah berhasil dengan empat program unggulan yaitu pendidikan gratis, kesehatan gratis, pembangunan infrastruktur dan ekonomi kerakyatan. Ke depan akan ditambah empat program unggulan yaitu pemerintahan yang melayani agama, budaya, lingkungan hidup dan pariwisata.

Hadir di dalam acara tersebut, antara lain Ketua BPOKK DPP-PD Pramono Edhie Wibowo, Wakil Sekjend DPP-PD Rachland Nashidik, Ketua Divisi Logistik dan Sumber Daya DPP-PD Gatot M. Suwondo, Wakil Direktur Eksekutif DPP-PD Irawan S. Leksono, Wakil Ketua BPOKK DPP-PD Supandi R. Sugondo dan Sarjan Tahir, Sekretaris Komisi Pemenangan Pemilu DPP-PD Ahdi Muqsith Mursalim, Ketua Departemen Perlindungan Hak-hak Perempuan dan KDRT Lis Dedeh, Sekretaris Dept Pemuda dan Olahraga DPP-PD Rocky Amu, serta pengurus DPD-PD Gorontalo,

Sedangkan para tamu udangan dan partai sahabat antara lain Gubernur Gorontalo Drs. H. Rusli Habibie, MHP sekaligus Ketua DPD Partai Golkar, Wakil Gubernur Gorontalo DR. Drs H. Idris Rahim, MM. Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, SH., Bupati Bualimo Darwis Morido,  Wakil Bupati Kab. Gorontalo Ir. Fadli Hasan, MAT, Dr. Carles Budi Doku Wakil Walikota Gorontalo, DR. Faris RA Yusuf, Ketua DPRD-Prov. Gorontalo sekaligus Sekretaris DPD Partai Golkar Prov. Gorontalo, juga hadir tokoh masyarakat tokoh politik, Isak yang juga  mantan ketua DPD-PD Provinsi Gorontalo pertama. Ketua DPC PD se-Gorontalo Anggota FPD DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota se-Gorontalo, para Ketua PAC-PD se-Gorontalo serta kader Partai Demokrat.

(Kardi/dik)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.