Pak Presiden, Utang dan PT 20% Itu Merusak Nalar Bangsa

Pimpinan Rumah Amanah Rakyat, Ferdinand Hutahaean (klikanggaran/google)

Oleh: Ferdinand Hutahaean*)

Pagi ini, jujur saya harus mengakui, dan ini mungkin cuma saya yang merasakan, karena belum tentu orang lain turut merasakan apa yang saya rasakan. Saya pun tidak berani melakukan klaim mewakili perasaan rakyat atau publik, sebagaimana yang dilakukan oleh Bapak Presiden terhadap peresmian proyek-proyek peninggalan Bapak SBY, Presiden RI Ke 6, salah satu presiden yang paling berprestasi sejak Indonesia merdeka.

Saya, biarlah kali ini menulis hanya mewakili pikiran dan perasaan saya saja, namun jika ada atau bahkan banyak yang juga merasa sama, mungkin saja itu kebetulan atau jangan-jangan mungkin perasaan saya sama dengan ratusan juta rakyat Indonesia. Entahlah…!

Kemarin saya menulis memberi peringatan kepada siapa saja agar menjaga jarak aman nalar dari pemerintah ini. Artikel singkat yang mungkin membuat panas hati pemerintah dan pendukungnya atau justru malah cekikikan tak perduli, Saya pun tak tahu. Ternyata benar peringatan saya, memang nalar kita harus kita jaga betul-betul dari tabrak lari oleh pemerintah. Bahaya, nalar bisa cacat.

Pagi ini saya baru mencermati betul pernyataan Presiden Jokowi di hadapan Pengurus Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) kemarin. Nalar saya serasa ditabrak lagi oleh Presiden Jokowi karena Jokowi tampak tidak merasa salah dengan nafsu berutangnya selama 2,5 tahun yang menyamai utang negara selama 10 tahun di era SBY. Jokowi bahkan terlihat menyalahkan masa lalu yang mewariskan utang padanya.

Nalar saya tertabrak, dan untuk tidak cacat, saya ingin menuliskan dua hal saja yang saya anggap sebagai upaya perusakan nalar yang dilakukan oleh pemerintah. Dan atas dasar itulah saya ingatkan publik agar menjaga jarak aman nalar dari supir yang ugal-ugalan.

Pertama, utang negara yang menggunung di era Jokowi. Jokowi sangat tampak menyalahkan masa lalu dengan warisan utang tersebut. Padahal SBY mewariskan situasi negara yang cukup stabil dan utang yang stabil kepada Jokowi. Jokowi tidak bisa menyalahkan masa lalu yang ternyata mewariskan kondisi stabil padanya. Itu sama saja merusak nalar bangsa, karena tidak ada negara yang tidak mewariskan utang. Jika Jokowi ingin menjadi Presiden tanpa utang warisan, mungkin Pak Jokowi harus dirikan bangsa sendiri dan bukan memimpin Indonesia.

Nalar bangsa terkait utang ini jangan dirusak dengan argumen-argumen yang tidak mendidik dan cuma mengandalkan ilmu ngeles. Inti masalahnya bukan pada utang warisan akan tetapi terletak kepada besarnya utang negara yang dibuat Jokowi hanya dalam kurun waktu 2,5 tahun. Intinya di situ, jangan dirusak nalar bangsa dengan cerita utang warisan. Kalau mau cerita, mungkin lebih baik Pak Jokowi cerita tentang penjualan Indosat era Megawati yang dijanjikan dibeli kembali oleh Jokowi. Itu lebih membangun nalar bangsa daripada mengalihkan kegagalan kepada masa lalu.

Kedua, UU Pemilu dengan Presidential Thershold 20%. Jokowi dan jajarannya tampak tidak memiliki argumen yang bisa membenarkan dalilnya tentang syarat harus 20% PT. Argumen yang disampaikan hanya sebatas kalimat, dulu juga 20% kenapa ributnya sekarang? Sungguh ini ibarat bajaj yang belok sesukanya dan berhenti semaunya tanpa peduli nalar pihak lain. Atas argumen ini pun, nalar saya merasa ditabrak oleh pemerintah.

Pertanyaan yang tidak akan bisa dijawab oleh pemerintah atas PT 20% adalah, atas dasar apa dan aturan mana yang mengatur dan membenarkan PT 20% diambil dari Pemilu 2014? Mengapa bukan Pemilu 2009? Bukankah siklus pemilu kita 5 tahunan dan bukan 10 tahun? Belum lagi ditambah bahwa dulu pemilu bertahap antara pileg dan pilpres, sementara 2019 adalah pemilu serentak antara pileg dan pilpres. Perbedaan ini saja seharusnya menutup pintu menggunakan pemilu dulu sebagai argumen pembenaran dari lelucon politik yang menipu rakyat (meminjam istilah Pak Prabowo).

Pak Jokowi harusnya memahami bahwa inti permasalahan utamanya bukan pada 20% nya. Akan tetapi pada logika apa yang digunakan untuk memilih hasil Pemilu 2014 sebagai dasar PT itu yang tidak masuk akal karena itu sudah digunakan pada Pemilu 2014 lalu dan sudah kadaluarsa. Siapa yang bisa menjamin suara PDIP dan Golkar 2019 nanti masih sama dengan 2014? Bagaimana kalau ternyata PDIP dan Golkar cuma dapat 3% total? Lantas apakah presidensial jadi kuat? Ahh logika Pak Jokowi tidak masuk akal.

ukuplah 2 hal ini yang saya bahas sebagai ungkapan perasaan saya yang merasa nalar saya sedang ditabrak oleh pemerintah. Meski masih banyak kejadian dan argumen yang justru merusak nalar bangsa seperti sosok Prabowo yang diungkit ungkit masa lalunya pasca-pertemuan diplomasi nasi goreng di Cikeas.

Saya sangat berharap agar Pak Presiden menjaga nalar bangsa agar tidak rusak. Mestinya Revolusi Mental sejatinya mengubah nalar rusak jadi baik, bukan justru mengubah nalar baik jadi rusak.

Selamat bertugas, Pak Presiden. Tolong siapkan Pemilu 2019 yang adil dan jujur agar nalar publik tidak semakin rusak.

Jakarta, 01 Agustus 2017

*)Pimpinan Rumah Amanah Rakyat

 

7 comments

  • Restylane乃一系列用於美顏的長效透明質酸產品。 Restylane療程能有效撫平皺紋、美化臉型輪廓及唇部,並可改善膚質及肌膚的彈性。Restylane透明質酸作用原理 Restylane透明質酸均以非動物來源的透明質酸作為原料,獨有的NASHA™專利技術研製而成。微量Restylane透明質酸凝膠到皮膚中,可以讓您的面部肌膚恢復豐盈飽滿。 Restylane透明質酸中的透明質酸與人體內的天然透明質酸十分相似,使用前無需進行皮膚測試,引起過敏反應的機率亦極低。

  • 專業團隊,為你提供私人貸款、業主貸款及物業按揭服務,及時雨撐你每一步。

  • 超音波美容新趨勢 愛美不必再忍痛 @ 察爾斯大夫 美麗殿堂 Dr. Charles Meridien Palace :: 痞客邦 :: 超音波美容新趨勢愛美不必再忍痛 【中時健康趙欣/台北報導】2014.03.11 去年因為拍攝法國導演盧貝松新片,悄悄現身台灣的好萊塢女星史嘉莉喬韓森,最新作品《美國隊長2:酷寒戰士》即將在台灣上映,片

  • 當底霜接觸到肌膚上,就能發放出無限純淨和明亮的白皙肌膚。 精華內含有美白美顏乳和妝前底霜,可改善膚質,締造一個亮滑無瑕的美肌狀態。

  • IELLIOS是由歐盟資助倫敦大學細胞重建研究所研究. 採用諾貝爾生理醫學獎科技 , 透過”納米能量電流” 以最親膚與迅速導入的方式 , 利用電腦化系統去令皮膚再生 , 令皮膚組織在無創傷的情況下自然更新及收緊 . 這治療是無創無痛的 . 完成治療後亦沒有傷口 . 我們是香港第一引入IELLIOS的機構 , 醫生會根據客人不同情況去為你設計不同的組合 .在外國IELLIOS受到很多荷里活明星, 歌手以至政客的追棒 , Madonna的facialist kate somer -field就常用IELLIOS為她護理肌膚 , 令52歲的她肌膚輪廓均保持於30歲的狀態. IELLIOS的訊號技術,採用心臟起博起原理,活躍無法正常運作的心臟細胞。訊號技術可活化及修復愛損皮膚,透過傳送訊號,激活靜止的細胞。IELLIOS的訊號技術給予細胞指令,引發細胞再次生長,令肌膚重回年輕。

  • The Hammers were trailing at the interval after Harry Arter scored his first Barclays Premier League goal. But Payet pulled his side level after 67 minutes with a magnificent free-kick. Slaven Bilic hails returning Dimitri Payet: West Ham fans love a player with a bit of magic and he has got more than a bit

  • Chelsea are pressing ahead in their bid to sign Radja Nainggolan from Roma amid competition from Juventus. Incoming Chelsea manager Antonio Conte has prioritised the Belgian. Chelsea ready to fight Juventus for Roma midfielder Radja Nainggolan this summer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.