Punakawan Dampingi Caleg Demokrat Jepara Daftar ke KPU

Empat Punakawan (karakteristik orang kebanyakan di pewayangan) mendampingi puluhan calon legislator Partai Demokrat medaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara, Selasa (17/7/2018). (Foto: Demokrat Jepara)

Jepara: Empat Punakawan (karakteristik orang kebanyakan di pewayangan) mendampingi puluhan calon legislator Partai Demokrat medaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara, Selasa (17/7/2018). 

Sebelum acara ini telah diadakan doa bersama serta ziarah ke sesepuh di wilayah jepara dan pada puncaknya tokoh pewayangan yang terdiri dari Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong itu menambah kemeriahan iring-iringan kader Partai Demokrat.

Rombongan berjalan mulai dari parkiran Shopping Centre Jepara sampai kantor KPU Jepara.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat (DPC-PD) Kabupaten Jepara M. Latifun mengatakan keempat tokoh pewayangan atau punakawan ini memang sengaja dihadirkan mendampingi kader menyerahkan berkas pendaftaran bakal calon legislatif Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Jepara 2019.

Dipilihnya keempat tokoh pewayangan ini dikarenakan filosofi Jawa yang begitu kental. Karena dalam seni pewayangan, keempat tokoh punakawan ini memiliki makna pana yang artinya paham, dan kawan yang artinya teman.

“Punakawan adalah simbol perilaku kehidupan manusia di dunia yang mengutamakan pelayan kepada tuannya, di atas kepentingan pribadinya. Sehingga diharapkan anggota DPRD dari Partai Demokrat yang terpilih memberi solusi sesuai dengan ikon punakawan tersebut,” ujarnya.

Jumlah bakal caleg yang didaftarkan 50. Terdiri dari 34 laki-laki dan 16 perempuan. Sehingga kuota 30 persen keterwakilan perempuan telah terpenuhi.

Pihaknya sebelumnya telah menjaring 67 pendaftar. Dari hasil penilaian tim, 17 di antaranya gugur.

“Penjaringan caleg Partai Demokrat dipilih sesuai dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan oleh DPC, DPD dan DPP. Sehingga menghasilkan 50 caleg potensial di semua dapil unutk didaftarkan ke KPU,” jelasnya.

Caleg yang terpilih diharuskan all out dengan cara turun langsung pada masyarakat. Supaya bisa memberikan kontribusi solusi terhadap permasalahan yang dialami masyarakat.

”Pemilu 2014, Demokrat memang hanya meraih dua kursi DPRD Kab Jepara tetapi dengan kerja keras kader, saya yakin bisa meraih lebih banyak lagi. Jika Demokrat memiliki lima kursi DPRD Jepara maka Demokrat bisa memiliki satu fraksi. Apalagi jika tujuh kursi bahkan lebih, maka akan lebih banyak memberikan konstribusi pada masyarakat,” Latifun memungkasi.

(rilis/dik)