AHY Capres Terkuat Poros Ketiga

Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY (facebook)

Jakarta: Lembaga Political Communication Institute (Polcomm Institute) melakukan survei terhadap tokoh yang dianggap cocok menjadi calon presiden dari koalisi poros ketiga. Hasilnya, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY paling banyak dipilih responden.

“Survei Polcomm juga bertanya apakah poros ketiga akan terbentuk. Hasilnya, 30,45 persen responden menjawab terbentuk, 20,19 persen tidak yakin, dan 49,36 persen menjawab tidak tahu,” ujar Direktur Polcomm Institute Heri Budianto dalam jumpa pers di Cikini, Jakarta, Minggu (25/3/2018).

Dari hasil survei, sebanyak 21,00 persen responden memilih AHY yang cocok diusung sebagai calon presiden. Sementara 15, 33 persen memilih Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan yang cocok sebagai capres.

Kemudian, sebanyak 12,33 persen responden memilih mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo yang cocok jadi capres. Selanjutnya, di posisi keempat ada mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD yang dipilih oleh 10,25 persen responden. Sementara itu, sebanyak 9,42 persen responden memilih Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Advertisment Survei ini menggunakan metode multistage random sampling, dengan melibatkan 1.200 responden di 34 provinsi. Survei dilakukan dengan wawancara langsung secara tatap muka pada 18 Maret hingga 21 Maret 2018. Adapun tingkat kepercayaan dalam survei ini sebesar 95 persen. Kemudian, tingkat kesalahan atau margin of error sebesar 2,83 persen.

(kompas.com/dik)