Cegah Covid-19, Asep Hidayat Dan Zulfikar Ajak Warga Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Kota Tangerang, Banten: Dalam rangka melaksanakan pencegahan dan penanganan serta menghindari dari mewabahnya penyakit Covid-19 atau yang disebut virus Conora, Ketua Komisi I DPRD Provinsi Banten Fraksi Demokrat Asep Hidayat dan Anggota DPR-RI Komisi VII Fraksi Demokrat Zulfikar Hamonangan SH, mengajak seluruh warga perumahan Bona Timur untuk melakukan penyemprotan dengan salah satu cairan disinfektan disetiap rumah-rumah penduduk, tepatnya di Perumahan Bona Timur Sarana Blok C1, No .6, Kelurahan Cikokol, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang Banten. Rabu (25/3) Pagi

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Komisi I DPRD Provinsi Banten Fraksi Demokrat Asep Hidayat dan didampingi oleh Anggota DPR-RI Komisi VII Fraksi Demokrat Zulfikar Hamonangan SH, Jajaran Fraksi Partai Demokrat, Ketua Rw07 Kelurahan Cikokol Yen No Munir, Karang Taruna Rw07 Kelurahan Cikokol, serta Masyarakat.

Ketua Rw07 Kelurahan Cikokol Yen No Munir  mengungkapkan, “Kegiatan ini dalam rangka melaksanakan penyemprotan dengan salah satu cairan disinfektan disetiap rumah-rumah warga,” ungkapnya.


Bertujuan sebagai bentuk upaya melakukan suatu pencegahan dan penanganan serta menghindari dari mewabahnya penyakit Covid-19 atau yang disebut virus Corona.

“Kegiatan ini pun berawal dari aspirasi dan keinginan seluruh warga Perumahan Bona Timur,” 

Mangkanya saat itu kami membentuk satu team bersama beberapa tokoh masyarakat dan pemuda karang taruna untuk melakukan sosialisasi kepada warga serta berusaha mengantisipasi pencegahan dan penanganan Covid-19 ini. tambahnya

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Banten Fraksi Demokrat Asep Hidayat menyampaikan, “Dalam melaksanakan pencegahan dan penanganan sekaligus membatasi ruang lingkup mobilisasi serta komunikasi kepada sesama. Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap mengantisipasi agar tidak terkena adanya penularan Covid-19 atau yang disebut virus Corona,” ucapnya.

1. Menjaga kesehatan dan kebugaran agar stamina tubuh tetap prima dan sistem imunitas atau kekebalan tubuh meningkat.

2. Mencuci tangan dengan benar secara teratur menggunakan air dan sabun atau hand-rub berbasis alkohol.

Mencuci tangan sampai bersih selain dapat membunuh virus yang mungkin ada di tangan kita, tindakan ini juga merupakan salah satu diantara tindakan yang mudah dan murah. 

Sekitar 98 persen penyebaran penyakit bersumber dari tangan. Karena itu, menjaga kebersihan tangan adalah hal yang sangat penting.

Ketika batuk dan bersin, tutup hidung dan mulut anda dengan tisu atau lengan atas bagian dalam (bukan dengan telapak tangan).

3. Hindari kontak dengan orang lain atau bepergian ke tempat umum.

4. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut (segitiga wajah). Tangan menyentuh banyak hal yang dapat terkontaminasi virus. 

Jika kita menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang terkontaminasi, virus dapat dengan mudah masuk ke tubuh.


5. Gunakan masker dengan benar hingga menutupi mulut dan hidung ketika Anda sakit atau saat berada di tempat umum.

Buang tisu dan masker yang sudah digunakan ke tempat sampah dengan benar, lalu cuci tangan Anda.

6. Menunda perjalanan ke daerah atau negara dimana virus ini ditemukan.

Karena penularan Covid-19 ini terlihat sangat berbeda dengan bakteri-bakteri lain. 

“Bahkan yang lebih mengerihkannya lagi bahwa penularan virus tersebut itu bisa saja terjadi disaat ketika kita sedang melakukan kontak fisik atau bersentuhan tangan dengan sesama manusia,”

Penularan virus Covid-19, bisa saja terjadi kepada siapa pun dan tanpa kita sadari secara langsung kita bisa saja tertular atau terjangkit dengan virus tersebut.

Saat ini pun sudah banyak dari beberapa negara lain disana yang sudah memberlakukan lockdown. 

“Berkaitan dalam hal ini saya Asep Hidayat selaku Ketua Komisi I DPRD Provinsi Banten Fraksi Demokrat terpanggil untuk membantu dan memperjuangkan rakyat serta menjadi bagian garda terdepan ditengah-tengah kehidupan sosial masyarakat,”

Sebagaimana yang sudah digagaskan oleh Presiden RI Jokowi bahwa saat ini pemerintah pusat dan provinsi pun sedang berusaha semaksimal mungkin memberikan sosialisasi dalam menanggulangi pencegahan dan penanganan bagi seluruh rakyat indonesia yang terkena atau terjangkit virus Covid-19 ini.

“Dan demi menghindari mewabahnya virus Covid-19 ini maka hari ini, kami bersama masyarakat melaksanakan penyemprotan dengan salah satu cairan disinfektan disetiap rumah-rumah warga,”

Tak hanya hanya disitu saja kami pun memberikan sosialisasi tentang pencegahan dan penanganan Covid-19 serta membagikan beberapa masker untuk bisa digunakan kepada masyarakat, khususnya yang berada diwilayah Kota Tangerang. tambahnya*(tribuananews.com/wan