Dampak Virus Corona, Bambang Purwanto Bantu Pekerja Perikanan

Bambang Purwanto Anggota FPD DPR RI saat memberikan produk bahan perikanan kepada masyarakat di Kobar, (5/6)

Kotawaringin Barat, Kalteng: Virus Corona atau Covid-19 yang melanda Indonesia, termasuk Kotawaringin Barat (Kobar). Kondisi ini memberikan dampak pada sektor kehidupan, termasuk perikanan.

Hal ini disampaikan oleh Bambang Purwanto Anggota FPD DPR RI yang duduk di Komisi IV yang membidangi pertanian dalam arti luas, perikanan dan kelautan, dalam sambutannya saat memberikan bantuan secara simbolis produk bahan perikanan dalam rangka kegiatan perluasan bahan masyarakat gemar makan ikan di Kobar, Jumat (5/6)

Bambang Purwanto menyampaikan pemerintah juga perlu memberikan perlindungan kepada pekerja perikanan.

Selain kelompok nelayan dan pembudidaya, pekerja perikanan menurutnya adalah kelompok yang rentan tidak mendapatkan penghasilan untuk sementara waktu.

Kelompok tersebut adalah awak kapal perikanan, buruh di pelabuhan perikanaan dan buruh di unit pengolahan ikan, yang perlu mendapat perhatian, kami selaku wakil rakyat akan duduk bersama pemerintah daerah memikirkan kelanjutan para petani dan nelayan ini, ucapnya.

“Sebagai pekerja informal, mereka tidak mendapatkan gaji bulanan tetapi sistem bagi hasil atau borongan. Kondisi berkurang atau terhentinya kegiatan produksi di sentra perikanan akan memukul pendapatan mereka,” ujar Ketua DPC PD Kobar tersebut.

Oleh karena itu, lewat kegiatan ini pihaknya bersama Pemkab Kobar, khususnya Dinas terkait bisa bersinergi dan duduk bersama memikirkan kelanjutan para nelayan ini, kata Bambang Purwanto.

Kami selalu komunikasi dan saya selalu turun untuk menjemput bola, harapan kami dari tugas badan Ini segera juga memberikan respons yang cepat dengan kondisi saat ini, imbuh Bambang Purwanto.

(Borneo24/wan)