Demokrat Buka Pendaftaran Caleg 2019-2024

Ketua BPOKK DPP-PD Pramono Edhie Wibowo (PEW) saat diwawancarai web demokrat di Wisma Proklamasi 41, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (23/5/2018). (Foto: MCPD/OmarTara)

Jakarta: Partai Demokrat membuka pendaftaran Calon Legislatif tahun 2019-2024 secara online untuk DPR-RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota sesuai dengan tingkatannya masing masing. Tahapan Pendaftaran dimulai tanggal 21 Mei-10 Juni 2018.

Hal tersebut disampaikan Ketua Badan Pembinaan Organisasi keanggotaan dan Kaderisasi (BPOKK) DPP Partai Demokrat Pramono Edhie Wibowo (PEW) yang juga Ketua Tim Penjaringan Calon Legislatif (Caleg) Partai Demokrat kepada web demokrat di Wisma Proklamasi 41, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (23/5/2018).

PEW juga menjelaskan bahwa cara pendaftaran online bisa dilakukan dengan membuka website https://sahabatdemokrat.id kemudian klik “pendaftaran menuju parlemen” dan selanjutnya mengikuti tahapan-tahapan yang telah ada di dalam website tersebut.

Selanjutnya bagi para kader Partai Demokrat bisa langsung mendaftar online melalui https://sahabatdemokrat.id dengan memasukkan nomor kartu tanda anggota  (KTA) Partai Demokrat. Sedangkan untuk masyarakat umum diwajibkan membuat kartu tanda anggota (KTA) Partai Demokrat terlebih dahulu secara online baru kemudian bisa mendaftar sebagai caleg di web https://sahabatdemokrat.id.

PEW berharap banyak kader dan simpatisan bergabung dan mencalegkan diri lewat Partai Demokrat dalam rangka membangun bangsa.

“Harapan saya juga tentunya harapan Ketua Umum Partai Demokrat Pak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), agar sebanyak mungkin kader dan para simpatisan Demokrat yang mau bergabung mendaftarkan diri secara online, agar kader Demokrat juga bisa membangun negara melalui legislatif yang akan dilaksanakan pada Pemilu 2019. Sekali lagi saya mengundang kader dan simpatisan Partai Demokrat mau bergabung menjadi legislatif Partai Demokrat baik itu di DPR-RI, DPRD Provinsi maupun Kabupaten/kota,” ujar PEW di akhir wawancaranya.

Sebelumnya pada 14 Mei 2018 DPP-PD telah melaksanakan pelatihan kepada kader di 34 DPD Partai Demokrat dengan materi sistem pendaftaran caleg secara online.

Selanjutnya pada 19 Mei 2018  telah juga dilaksanakan pelatihan untuk tingkat DPC Partai Demokrat se-Indonesia.

Para operator tersebut nantinya akan membantu caleg mendaftarkan diri secara online di daerahnya masing masing.

(Iwan K/dik)