Demokrat Gelar 12 Muscab se-Jatim

Ketua BPOKK DPP-PD Pramono Edhie Wibowo bersama Ketua DPD-PD Jatim Soekarwo serta para Petinggi DPP-PD dan Pimpinan Demokrat se-Jatim di Kantor DPD-PD Jatim, Surabaya, Sabtu (9/4). (MCPD/Kardi)

Jawa Timur:  DPD Partai Demokrat kembali menggelar musyawarah cabang (Muscab) serentak terhadap 12 DPC Partai Demokrat se Jatim di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Minggu (9/4).  Ke-12 DPC  berasal dari DPC-PD Kota Pasuruan, Kota Blitar, Kota Batu, Kab.Trenggalek, Kota Madiun, Kab. Malang, Kab. Sumenep, Kab. Jombang, Kab. Jember, Kab. Sidoarjo, Kab. Gresik dan Kota Surabaya.

“Dilakukan serentak, karena kami ingin menunjukkan proses deklarator,” ujar Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Soekarwo, yang akrab disapa Pakde Karwo, saat penyerahan bantuan kemanusiaan bencana alam Ponorogo sebesar 100 juta rupiah di kantor DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Surabaya, Jatim, Sabtu (9/4).

Menurut Pakde Karwo, Muscab partai Demokrat saat ini menggunakan musyawarah mufakat dengan tujuan untuk mewujudkan keadaan harmoni di dalam partai.

“Muscab serentak ini bisa kami katakan model terbaru di Indonesia dan terutama mengutamakan dialog dalam muscab tersebut,” jelasnya.

Pakde Karwo menambahkan setelah gelar Muscab gelombang kedua, ada lagi tahap berikutnya untuk sisa DPC-PD se-Jatim yang belum Muscab. Namun keseluruhan DPC-PD tersebut sudah melaksanakan pramuscab.

Pakde Karwo menambahkan, DPP-PD terutama, Ketua BPOKK DPP-PD Pramono Edhie Wibowo, telah hadir untuk melanjutkan muscab tahap kedua.

Dalam Muscab Serentak DPC-PD Jatim Gelombang kedua, dilakukan juga pendataan anggota Partai Demokrat di berbagai level dan struktural. Untuk memastikan berapa jumlah anggota partai yang masih aktif hingga sekarang.

Hal senada disampaikan Sekretaris DPD-PD (yang juga Anggota FPD DPRD) Jatim, Reville Antonio,”DPD-PD Jatim mengutamakan musyawarah mufakat untuk pemilihan Ketua DPC. Demokrat Jatim ingin menunjukkan cara berkompromi bersama di partai. Sebenarnya calon ketua yang sudah memperoleh dukungan 50 plus satu sih bisa menggelar muscab, tapi kami ingin 100 persen kader mendukung satu suara,” tegasnya.

Lebih lanjut Renvile mengingatkan, Kalau memang calon atau kader bertujuan membesarkan partai maka tidak perlu mikir rebutan jabatan.

“Tapi bagaimana membesarkan partai tanpa berpikir dia ada di jabatan apa. Apalagi Ketua DPD minta Jatim bisa menunjukkan budaya kompromi dengan musyawarah mufakat,” ia menegaskan.

Hadir di acara penyerahan bantuan bencana alam Ponorogo antara lain: Ketua BPOKK DPP-PD Jenderal TNI (Purn) Pramono Edhie Wibowo, Ketua DPD-PD Jatim yang juga Gubernur Jatim Pakde Karwo,Ketua Divisi Logistik dan Sumber Daya DPP-PD Gatot Suwondo, Ketua Divisi Keamanan Internal DPP-PD Rudi Kadarisman, Wakil Direktur Eksekutif DPP-PD Irawan S Leksono, Wakil Ketua BPOKK DPP-PD Supandi R Sugondo, Anggota FPD DPRD Jatim Irfan Suryanegara, Sekretaris DPD-PD Jatim Reville Antonio dan Pengurus DPD-PD Jatim.

(Kardi/dik)