Fraksi Demokrat DPRD Riau Sumbangkan 100 APD untuk Tenaga Medis

PEKANBARU: Fraksi Partai Demokrat DPRD Riau menyerahkan 100 alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis. APD tersebut rencananya akan didistribusikan langsung kepada tenaga medis, yang bekerja atau pun bersiaga menangani pasien suspek maupun positif corona. 

Penyerahan itu dipimpin langsung Ketua DPD Demokrat Riau Asri Auzar bersama Ketua Fraksi Demokrat DPRD Riau, Agung Nugroho, kepada Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Riau di Pekanbaru, Ahad (22/3/2020).

Ketua Demokrat Riau Asri Auzar menuturkan, bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian pihaknya terhadap tenaga medis yang sangat rentan tertular virus corona.

“Kami melihat kondisi saat ini yang mana tenaga medis sangat rentan tertular. Karena mereka betul-betul secara langsung berhadapan dengan pasien,” ujar Asri.

Selain itu, lanjut dia, bantuan berupa APD yang diberikan didasari atas sulitnya para tenaga medis untuk mendapatkan perlengkapan tersebut. Bahkan beberapa tenaga medis terpaksa harus mengenakan jas hujan sebagai pengganti APD.

Soal kenapa pihaknya menyerahkan APD kepada pihak IDI Riau, Asri Auzar menyebut bahwa pihaknya sangat mempercayai IDI dari segi pengetahuan. Terutama mengenai standar kualitas APD yang baik untuk tenaga medis. 

“Jadi kami lebih mempercayai IDI Riau karena tahu betul bagaimana APD yang sesuai standar medis. Sehingga kami serahkanlah bantuan berupa uang tunai sebesar Rp53 juta untuk membeli 100 APD,” imbuh Asri.

Ia menambahkan, selain memberikan bantuan kepada tenaga medis, pihaknya telah terlebih dahulu menyerahkan bantuan kepada masyarakat. Seperti alat semprot cairan disinfektan kepada masjid dan fasilitas umum di Pekanbaru. 

Sementara itu, Ketua IDI Riau dr Zul Asdi Spb MKes mengucapkan banyak terima kasih kepada Partai Demokrat Riau yang telah memberikan bantuan APD untuk tenaga medis. Diakui dia, APD sendiri sangat diperlukan tenaga medis dalam mengadapi pasien dalam pengawasan (PDP), pasien suspek hingga pasien positif corona. 

Ditambahkan lagi keberadaan APD saat ini cukup sulit untuk didapat

”Kami sangat berterimakasih kepada Demokrat Riau. Ini nanti akan segera kami distribusikan kepada tenaga medis yang bertugas maupun bersiaga menangani pasien yang berhubungan dengan corona,” ujarnya mengakhiri.

(RIAUPOS.CO/dik)