Fraksi Demokrat DPRD Sulsel Bantu Korban Banjir di Luwu Utara

Luwu Utara: Anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Sulsel Fadriaty AS bersama kader Partai Demokrat Luwu Raya menyampaikan bantuan dari Fraksi Partai Demokrat DPRD Sulsel kepada pengungsi korban bencana banjir bandang Luwu Utara di Desa Meli, Kec.Baebunta, Kamis (16/7). Bantuan tersebut berupa bahan makanan, air minum kemasan, susu, kain sarung, terpal plastik dan obat-obatan.

Warga yang mengungsi secara mandiri di areal perkebunan sawit adalah warga yang lolos dari terjangan banjir bandang luapan sungai Meli-Radda, Senin malam (16/7).

Rumah mereka hanyut tersapu banjir, dan atau tertimbun pasir lumpur serta serpihan kayu. Tidak sedikit dari mereka telah kehilangan anggota keluarganya.

Kondisi pengungsian pun sangat memprihatinkan; beratap terpal plastik tanpa dinding, tanpa penerangan apalagi fasilitas sanitasi, dalam keadaan cuaca yang tak menentu.

Banjir bandang di Luwu Utara menerjang enam kecamatan yakni Masamba, Baebunta, Sabbang, Malangke Barat, Baebunta Selatan dan Malangke.

Luapan sungai Masamba, sungai Meli dan sungai Rongkong membawa material pasir, lumpur dan kayu menimbun ribuan rumah, badan jalan dan kebun warga.

Informasi dari Basarnas dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Utara, hingga Jumat malam (17/7) jumlah korban meninggal 36 orang, dan 16 orang lagi masih dalam pencarian tim SAR gabungan.

Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB merilis data jumlah pengungsi akibat banjir bandang Luwu Utara mencapai 14.483 jiwa.

(Rilis/dik)