Hinca Serap Aspirasi Peternak Lele di Binjai

Sekjen Partai Demokrat Dr Hinca IP Pandjaitan XIII menyerap aspirasi dan mendengar keluhan peternak ikan lele di kedai kopi kecil Jl Gatot Subroto Kelurahan Suka Maju Kecamatan Binjai Barat Kota Binjai, Kamis (3/5/2018). (foto: geosiar.com)

Binjai: Anggota DPR RI DR Hinca IP Pandjaitan XIII SH MH membuktikan kepedulian pada masyarakat kecil untuk peningkatan ekonomi rakyat melalui program Partai Demokrat yakni Gerakan Pangan Mandiri (GPM). Kali ini Hnca turun langsung menyerap aspirasi dan mendengar keluhan peternak ikan lele di kedai kopi kecil Jl Gatot Subroto Kelurahan Suka iMaju Kecamatan Binjai Barat Kota Binjai, Kamis (3/5/2018).

Kunjungan Hinca Pandjaitan selaku Sekjen DPP Partai Demokrat itu sekaligus pelaksanaan reses keempat masa persidangan 2017-2018. Dalam pertemuan akrab di acara bertajuk “Rembug Bangsa bersama Hinca” itu dihadiri puluhan peternak lele mewakili ratusan peternak lele di Binjai.

Salah satu perwakilan peternak lele, Ginting menuturkan, permasalahan yang dialami peternak yakni adanya permainan tengkulak masalah harga jual yang tidak stabil. Setiap panen ikan lele selalu ada monopoli harga. Selain itu menurut Ginting, peternak lele juga mengalami masalah kesulitan air untuk mengisi kolam. Sama halnya soal pakan ternak yang harganya melambung.

Ginting berharap kepada Hinca kiranya dapat membantu keluhan para peternak lele. Sehingga peternak yang berjumlah ratusan itu dapat lebih sejahtera dan berkesinambungan.

Menyikapi keluhan warga, Hinca Pandjaitan mengaku fokus untuk membantu kesejahteraan peternak lele. Hinca menilai pekerjaan peternak lele adalah pekerjaan top. Bahkan pemerintah harus hadir dan peduli untuk menyejahterakan peternak lele.

“Teruskan beternak lele, Binjai tidak akan bangkrut jika peternakan lele dapat berkembang. Peternak lele harus mampu menjadi benteng ekonomi bangsa,” tegas Hinca.

Diterangkan Hinca, Demokrat siap membantu menekan harga sehingga berpihak kepada peternak. Hinca juga menyebut akan berencana membentuk Bulog yang nantinya dapat menstabilkan harga lele. Jika nantinya harga lele terbukti murah, maka Partai Demokrat siap akan membeli dengan harga normal.

“Kami sangat menyesalkan adanya  monopoli sehingga harga ditekan murah. Untuk itu kami peduli dan siap membantu,” jelas Hinca.

Pada kesempatan itu, Plt Ketua DPD Partai Demokrat Sumut Herri Zulkarnaen Hutajulu sangat mengapresiasi peternak lele. Herri berpesan agar beternak lele tetap diteruskan guna mensukseskan GPM. Terkait keluhan yang dialami peternak lele, Demokrat peduli untuk menstabilkan harga pakan dan harga jual di pasaran.

Sementara itu, Drs Hendrik Halomoan Sitompul yang juga anggota DPRD Medan menyebutkan, terkait program GPM mengaku tetap akan mensosialisasikan. Menurutnya, beternak lele merupakan tugas mulia karena ikan lele akan dinikmati semua orang.

Hendrik mendesak pemerintah supaya peduli peternak yang produksi lelenya adalah sumber protein. Pemerintah harus menggalakkan gerakan pangan mandiri untuk meningkatkan ekonomi rakyat.

Turut hadir dalam kunjungan  pengurus Demokrat Sumut, Plt Ketua DPD Partai Demokrat, Herri Zulkarnaen (anggota DPRD Mefam), Wakil Bendahara Hendrik Halomoan Sitompul (anggota DPRD Medan), Endamia Karolina Kaban dan pengurus lainnya Borkat Hasibuan, Maju Manalu, Masdim Girsang dan dr Lily Siregar.

(lamru/Geosiar.com/dik)