Kader Demokrat, Jadilah Gelombang Besar

Sekretaris Jenderal DPP-PD Doktor Hinca IP Pandjaitan XIII memberi arahan dan membuka Workshop Bimtek Anggota FPD DPRD tingkat kabupaten/kota dan provinsi se-Indonesia Edisi Kedua; gelombang kedua, angkatan 4, 5 dan 6 di Kantor DPP-PD, Wisma Proklamasi 41, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (9/4). (Foto: MCPD/OmarTara)

Jakarta: “Sengaja dipilih kata gelombang dalam workshop bimtek ini. Biar bergelombang-gelombang bukan beriak-riak. Artinya setiap angkatan dalam workshop bimtek menjadi gelombang besar yang memberi arti nyata dalam kerja-kerja politik di setiap daerah.”

Pernyataan  di atas disampaikan Sekretaris Jenderal DPP-PD Doktor Hinca IP Pandjaitan XIII saat memberi arahan dan membuka Workshop Bimtek Anggota FPD DPRD tingkat kabupaten/kota dan provinsi se-Indonesia Edisi Kedua; gelombang kedua, angkatan 4, 5 dan 6 di Kantor DPP-PD, Wisma Proklamasi 41, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (9/4).  Usai pembukaan, workshop gelombang kedua oleh Divisi Diklat DPP-PD digelar di Hotel Ambhara, Jakarta, tanggal 9-11 April 2017.

Dalam arahannya yang dipenuhi tepuk tangan seluruh peserta Workshop Bimtek yang memenuhi ruangan Aula DPP Partai Demokrat, Hinca Pandjaitan menyampaikan salam hangat dari Ketua Umum DPP-PD Profesor Doktor Susilo Bambang Yudhoyono kepada seluruh peserta.

Sekretaris Jenderal DPP-PD Doktor Hinca IP Pandjaitan XIII memberi arahan dan membuka Workshop Bimtek Anggota FPD DPRD tingkat kabupaten/kota dan provinsi se-Indonesia Edisi Kedua; gelombang kedua, angkatan 4, 5 dan 6 di Kantor DPP-PD, Wisma Proklamasi 41, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (9/4). (Foto: MCPD/OmarTara)

“Secara resmi DPP-PD atas nama Ketua Umum DPP PD Profesor Doktor Susilo Bambang Yudhoyono mengucapkan selamat datang kepada teman-teman. Selamat datang di rumah besar perjuangan kita; DPP Partai Demokrat di Jalan Proklamasi yang disebut wisma proklamasi 41. Anda datang kemari untuk mengingatkan kembali secara panjang perjuangan para pendiri negeri ini.”

“Bapak pendiri bangsa kita; Bung Karno dan Bung Hatta, 15 menit sebelum membacakan teks proklamasi di tugu Proklamasi, beliau singgah di rumah putih yang terletak di depan gedung kantor DPP-PD yang kita sebut Wisma Proklamsi 41. Setelah itu bersiap-siap untuk menorehkan sejarah tentang NKRI. Itu terjadi 17 Agustus 1945. Hari ini, Bapak Ibu datang untuk mengikuti napak tilas pendiri bangsa. Kalo mereka mendirikan negara ini, maka kita meneruskan dan merawat bangsa ini agar menjadi lebih baik,” ujar Hinca yang kembali disambut tepuk tangan seluruh peserta, menunjukkan gelora semangat mereka mengikuti setiap materi yang akan diberikan.

Hinca juga mengingatkan pentingnya menjalin komunikasi intensif antara DPP dengan para anggota fraksi di DPRD baik tingkat provinsi, kabupaten dan kota.

Sekretaris Jenderal DPP-PD Doktor Hinca IP Pandjaitan XIII dan para Petinggi DPP-PD foto bersama peserta Workshop Bimtek Anggota FPD DPRD tingkat kabupaten/kota dan provinsi se-Indonesia Edisi Kedua; gelombang kedua, angkatan 4, 5 dan 6 di Kantor DPP-PD, Wisma Proklamasi 41, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (9/4). (Foto: MCPD/OmarTara)

“Anda adalah kader-kader utama kita di garda terdepan. Anda adalah anak-anak terbaik Partai Demokrat yang terus membawa nama besar Partai Demokrat. Kita (DPP) tidak bermaksud mengajari Bapak- Ibu sekalian tentang fungsi legislasi, fungsi budgeting dan fungsi pengawasan di legislatif. Bapak ibu adalah politisi yang  tidak kita ragukan lagi. Tetapi diperlukan komunikasi terus menerus (intensif) kepada kita, satu demi satu. Komunikasi  yang disebut ‘mata bertatap mata; tangan berjabat tangan’.  Itu penting karena tanpa tidak kita sadari 2,5 tahun lagi kita kan menghadapi pileg dan pilpres 2019,” Hinca Pandjaitan mengingatkan.

Sebelumnya ketua panitia pelaksana, Iwan Rinaldo Syarief dalam laporannya mengharapkan workshop bimtek tak hanya mengasah kemampuan serta pengetahuan, tapi juga menjadi ajang silaturahmi antar-kader utama Partai Demokrat. Serta menjadi wadah terukur untuk terus memompa semangat juang, menghadapi kontestasi-kontestasi politik  yang mencapai puncaknya di 2019.

Peserta Workshop Bimtek II gelombang kedua berasal dari perwakilan Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Bali, Provinsi NTB, Provinsi Kalimantan Timur, Provinsi Sulawesi Barat, Provinsi Papua Barat dan Provinsi Jawa Timur. Turut hadir dalam pembukaan Workshop Bimtek II gelombang kedua, Wakil Ketua DPR-RI Agus Hermanto, Ketua Divisi Diklat DPP PD Gondo Radityo Gambiro, Sekretaris Divisi Diklat DPP PD Gustaf Tamo Mbapa, dan Wakil Direktur Eksekutif DPP-PD Daisy M Silanno.

(omartara/dik)