Lukas Enembe Raih Kepala Daerah Inspiratif SWGA

Gubernur Papua, yang juga Ketua Partai Demokrat Papua, Lukas Enembe SIP MH dinobatkan sebagai salah satu kepala daerah inspiratif tahun 2017 oleh Majalah Sindo Weekly di Hotel Borobudur Jakarta, Senin (3/4/2017) malam. (Foto: tabloidjubi)

Jakarta: Memasuki empat tahun kepemimpinan,  Gubernur Papua Lukas Enembe SIP MH dan Wakil Gubernur Papua  Klemen Tinal SE MM, Pemerintah Provinsi Papua kembali menorehkan prestasi. Lukas Enembe, yang juga Ketua Partai Demokrat Papua, dinobatkan sebagai salah satu kepala daerah inspiratif tahun 2017.

Penghargaan ini diberikan Majalah Sindo Weekly dengan melihat kisah inspiratif dari sosok Lukas Enembe yang mampu membuat terobosan pembangunan di Papua serta bersinergi dengan pemerintah pusat.

Gubernur Enembe menjadi perhatian dalam pemberian penghargaan kepala daerah inspiratif. Ia  mampu membuka ruang pembangunan berkelanjutan seperti pembangunan tol laut yang secara bertahap bakal memberikan kontribusi berkelanjutan bagi masyarakat Papua.

“Pak Lukas Enembe kita beri penghargaan sebagai kepala daerah inspiratif, tentu, karena kemampuan beliau dalam menginspirasi pembangunan di Papua, kalau bupati/wali kota itu bersentuhan dengan masyarakat, kalau Gubernur itu yang menginspirasi pembangunan di daerah,” ungkap Pemimpin Redaksi Majalah Sindo Weekly, Nevy Hetaria disela-sela kegiatan penganugerahan Sindo Weekly Goverment Award di Hotel Borobudur Jakarta, Senin (3/4/2017) malam.

Nevy menyebutkan bahwa penganugerahan ini tentu sudah melalui kajian mendalam, karena selain melibatkan Lembaga LITBANG RI, pihak redaksi juga melibatkan pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, sehingga pemberian penghargaan ini benar-benar bisa dipertangungjawabkan.

“Ini merupakan bentuk komitmen kami untuk memberikan apresiasi kepada kepala daerah yang berhasil membangun daerahnya dengan baik, termasuk Gubernur Papua yang mampu menginspirasi pembangunan di Papua,”sebutnya.

Tantangan pembangunan di Papua, ujar Nevy menjadi catatan bagi pihaknya untuk memberikan penghargaan tersebut.

“Kita tahu bahwa membangun Papua itu bukan perkara gampang, dan pemerintah pusat sendiri tidak mungkin masuk untuk membangun di Papua tanpa berpikir panjang dan melihat siapa yang menjadi gubernur, ini juga jadi perhatian penting, bagaimana membangun daerah dengan tantangan yang berat,”ujarnya.

Gubernur Papua , Lukas Enembe,SIP,MH mengapresiasi pemberian penghargaan dari majalah Sindo Weekly

“Saya tentu berterima kasih kepada Sindo Weekly yang telah memberikan penghargaan ini, tentu mereka punya parameter dalam memberikan penghargaan,” ujar Gubernur Enembe.

Gubernur juga menilai berbagai terobosan yang dilakukannya, diantaranya untuk pertama kalinya pesawat boeing bisa masuk ke daerah pedalaman seperti Dekai, Yahukimo maupun Wamena, Jayawijaya sebagai langkah maju membuka keterisoliasian antar daerah.

Untuk mendongkrak fiskal daerah, di era kepemimpinannya Enembe bersama Klemen Tinal memberikan alokasi dana Otonomi Khusus (Otsus) kepada kabupaten/kota sebesar 80 persen, sedangkan provinsi hanya mengelola dana  Otsus sebesar 20 persen yang mana 10 persen dialokasikan lagi untuk lembaga keagamaan di Papua.

“Ini terobosan luar biasa, dimana kami memberikan kepercayaan kepada kabupaten/kota untuk berinovasi bahkan berkreasi untuk membangun daerahnya sendiri,” ungkap Enembe.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Otda Kemendagri RI,  Dr Sonny Sumarsono menyampaikan terima kasih kepada Majalah Sindo Weekly yang telah  menyelenggarakan Sindo Weekly Goverment Award (SWGA) karena mampu memberikan semangat kepada para penerima setelah mampu membangun atau mentransformasi daerahnya dengan baik.

Beberapa kepala daerah lain yang mendapatkan penghargaan SWGA ini yaitu Gubernur Jawa Timur, yang juga Ketua Partai Demokrat  Jawa Timur, Dr Soekarwo, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya dan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo.

(tabloidjubi.com/dik)