MARI DUKUNG KPK: “PILIH YANG JUJUR”

Jemmy Setiawan bersama petinggi KPK (ist)

Oleh: Jemmy Setiawan SH MH*)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali meluncurkan tagline ‘Pilih Yang Jujur’ dalam kampanye Pemilu Berintegritas 2019.

KPK berharap dengan pemilihan yang berintegritas akan mampu menghasilkan para wakil rakyat yang berintegritas. Wakil rakyat yang fokus pada upaya menyejahterakan masyarakat. Dan, pastinya ANTI KORUPSI.

Saya sebagai salah satu caleg langsung sepakat dengan ajakan itu. Kebetulan di kepenggurusan DPP Partai Demokrat, saya adalah Ketua Departemen Urusan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tugas saya adalah mendukung segala upaya dalam pemberantasan korupsi, termasuk memastikan Partai Demokrat menjadi partai yang benar-benar anti-korupsi.

Banyak orang mengatakan, jujur dalam politik itu sulit. Tapi bagi saya, di situlah sebenarnya ujian bagi para politisi, khususnya mereka yang akan mewakili rakyat.

Saya sendiri terus berupaya untuk menjaga kejujuran. Saya memulai dari diri sendiri, dari hal-hal yang sederhana. Memulai dari yang bisa dilakukan terlebih dulu.

Sebagai contoh, saya mencoba berpolitik apa adanya. Saya mencoba tampil apa adanya dalam berpolitik. Orang lain mungkin akan memakai baju yang mengesankan kesederhanaan untuk memperlihatkan diri pro-rakyat. Saya tidak. Saya memakai baju seperti biasanya saja. Tidak perlu dibuat-buat.

Juga dalam berkampanye. Saya tidak menjanjikan sesuatu yang tidak mungkin saya penuhi. Begitu ada permintaan dari masyarakat, namun tidak mungkin saya lakukan, saya akan tegas menolak. Saya tidak mau terbebani dengan janji-janji yang nantinya tidak sanggup saya lakukan.

Melalui hal-hal sederhana itulah saya belajar untuk terus meningkatkan kejujuran.
Semoga saya bisa terus konsisten hingga mampu menjadi jembatan aspirasi warga di Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Gresik.

Selanjutnya, mari bersama-sama kita mendukung ajakan KPK untuk memilih yang jujur. Dengan kerendahan hati saya juga memohon doa dan restu Ibu, Bapak, serta Saudara-saudara sekalian. Semoga saya bisa konsisten menjadi penyambung aspirasi Ibu, Bapak, serta Saudara-saudara sekalian. Amin.

*)Caleg DPR-RI dari Partai Demokrat 14, nomor urut 2, di Dapil Jatim X (meliputi Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Gresik)