Pilihan Bermartabat Demokrat Demi Kedaulatan Rakyat

Ir Rudi Kadarisman (MCPD/OmarTara)

Oleh: Ir Rudi Kadarisman*)

Sidang paripurna pembahasan mengenai RUU Pemilu berjalan dengan sangat alot. Setiap fraksi partai politik memiliki jalan pilihannya masing-masing. Termasuk Partai Demokrat yang dikomandoi oleh ketua fraksinya yakni Edhie Baskoro (Ibas) Yudhoyono.

Pilihan Partai Demokrat untuk tetap pada presidential threshold 0 persen adalah bukti komitmen Partai Demokrat untuk meletakan kedaulatan rakyat di atas segalanya. Partai Demokrat menginginkan demokrasi indonesia milik semua orang yang berhak dalam setiap aktivitas politik. Dalam pembahasan yang sangat alot tersebut, akhirnya Partai Demokrat mengambil pilihan WO (Walk Out) karena tidak ingin hadir dalam sebuah keputusan yang tidak pro-konstitusional dan tentu mengabaikan semua kehendak dan aspirasi rakyat.

Pilihan bermartabat tersebut merupakan pilihan rasional ketika sebagian fraksi sudah memilih untuk tetap 20 persen. Ini menunjukan sebuah sikap pro terhadap demokrasi. Sikap yang sangat bermartabat untuk memperjuangkan demokrasi Indonesia.

Sikap Partai Demokrat tidak lepas dari arahan sebelumnya oleh SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) yang menginginkan tetap pada prinsip awal pilihan dan tidak boleh terjebak dalam politik uang. Tentu ini sikap bermartabat yang ditunjukan oleh seorang ketua partai politik.

Kita ingin pilihan yang sudah telanjur disepakati oleh paripurna DPR harus dicerna oleh setiap anak bangsa. Masih banyak pilihan dan langkah hukum untuk tetap menjaga martabat demokrasi kita.

Perjuangan ini belum selesai demi rakyat Indonesia.

*)Ketua Divisi Keamanan Internal DPP-PD

(cerobongasap.com)