Politisi Demokrat Ingatkan Semua Pihak Proaktif Cegah Radikalisme

Karawang, Jabar: Di tengah banyaknya aliran dan kelompok-kelompok yang menawarkan keyakinan dan pemikiran tertentu, masyarakat—khususnya generasi muda—harus dipahamkan sejak dini tentang pentingnya taat hukum dan aturan negara. Karena meskipun kebebasan berkeyakinan dijamin negara, koridor yang harus dipakai adalah Undang-Undang / hukum yang berlaku.

Inilah antara lain, poin penting yang disampaikan Anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat, Vera Febyanthy dalam sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Kecamatan Pedes, Karawang, Jawa Barat, Senin (10/02/2020).

Sebelum mengisi sosialisasi, Vera kunjungan ke Pasar Karangjati, Pedes, berbincang dengan para pedagang pasar. Teh Vera, demikan ia biasa disapa, menjelaskan bahwa sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang landasan bernegara dan bisa mengajarkannya kepada anak-anak mereka.

“Anak-anak generasi selanjutnya tidak akan lupa bahwa ini adalah negara kita, memiliki landasan empat pilar tersebut,” ujar Vera. Ia juga mengimbau masyarakat, khususnya Kabupaten Karawang agar lebih teliti dan hati-hati terhadap organisasi ataupun komunitas yang menyimpang dari aturan hukum. Tak hanya itu dia juga meminta seluruh stakeholder yang ada untuk lebih aktif turun ke lapisan masyarakat untuk mencegah pemahaman radikalisme berkembang.

“Masyarakat jangan (mudah) percaya dengan aliran-aliran yang menyesatkan, apalagi jelas-jelas misalnya, meresahkan. Karena itu, saya berharap semua pihak,  termasuk pejabat daerah, pemangku kepentingan, harus turun dan proaktif meluruskan paham yang menyesatkan dan di luar jalur hukum,” tegas Teh Vera panggilan akrab Vera Febyanthy.

Lebih lanjut Teh Vera menjelaskan bahwa hal ini juga dilakukan untuk mencegah paham radikalisme yang marak akhir-akhir ini di Indonesia. “Tugasnya adalah bagaimana kita menyampaikan (kepada masyarakat), jangan lagi melakukan suatu kegiatan di luar jalur hukum. Makanya, mumpung ke sini, saya sampaikan bahwa pemahaman (yang menyesatkan serta meresahkan) itu harus diluruskan,” kata Teh Vera.

Kegiatan ini, diapresiasi Camat Pedes, Furqon Jalaludin. Furqon mengaku sangat senang atas kunjungan Vera ke Kecamatan Pedes untuk menyapa dan mendengarkan aspirasi masyarakat, selain sosialisasi Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

“Tidak banyak wakil rakyat yang rajin blusukan seperti ini. Dan sosialisasi (4 Pilar Kebangsaan) ini sangat penting. Tadi yang Bunda Vera bilang, empat pilar Kebangsaan itu sangat penting. Bunda Vera bagus, dimulai dari bawah dulu, dari desa sosialisasinya ke lapisan masyarakat. Jadi jarang kan ya pejabat yang sudah menang, langsung turun, langsung ketemu masyarakat,” kata Furqon.(alexanews.id/mediafpd/ot)